Breaking News

Thursday, April 16, 2020

Gelombang I Kartu Prakerja Ditutup Hari Ini, Begini Cara Daftarnya

Juru bicara Jokowi - Ma'ruf Amin, Ace Hasa Syadzily menunjukan Kartu Pra Kerja, Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Kartu Sembako Murah. Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan
Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang I akan ditutup hari ini, Kamis (16/4) pada pukul 16.00 WIB. Calon pendaftar merupakan WNI dengan usia 18 tahun ke atas dan tidak sedang bersekolah/kuliah. Program Kartu Prakerja kali ini diprioritaskan kepada para pekerja korban PHK dan dirumahkan hingga para pelaku UMKM yang terdampak COVID-19 atau virus corona.

Lantas bagaimana cara mendaftarnya? Berikut langkah-langkahnya. 

1. Buat Akun
Masuk ke situs www.prakerja.go.id. Daftar dengan memasukkan nama lengkap, alamat email, dan password. Nantinya Anda akan memperoleh konfirmasi di email. 

2. Isi Data Diri
Silahkan log in menggunakan email yang sudah didaftarkan. Selanjutnya, Anda akan diminta mengisi data diri seperti nomor KTP, data pribadi, serta foto KTP dan foto pribadi (selfie) sambil memegang bersama KTP. Setelah itu, masukkan nomor ponsel dan akan dikirimkan kode OTP melalui SMS.
3. Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar
Setelah selesai mengisi data diri, Anda akan langsung mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Sebelum tes online dimulai, siapkan alat tulis dan kertas untuk membantu mengerjakan tes selama 15 menit. Setelah selesai, akan ada email pemberitahuan dari admin Kartu Pra Kerja. 

4. Daftar Gelombang Pendaftaran
Jika Anda sudah mendapatkan email pemberitahuan dari admin Kartu Prakerja, masuk kembali ke laman www.prakerja.go.id. Di sana Anda langsung dapat mendaftar ke gelombang pendaftaran yang tersedia untuk bisa mengakses semua fasilitas yang disiapkan dalam program Kartu Prakerja. 

Peserta yang lolos akan mendapat dana Rp 3.550.000, dengan rincian Rp 1 juta untuk mengikuti pelatihan satu kali atau lebih di platform digital yang sudah menjadi mitra program Kartu Prakerja seperti Tokopedia, Ruangguru, Maubelajarapa, BukaLapak, Pintaria, Sekolahmu, Kemnaker, dan Pijar. 

Kemudian, peserta yang lolos akan mendapatkan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan. Peserta juga akan mendapatkan insentif setelah pengisian evaluasi sebesar Rp 50 ribu untuk setiap survei. Nantinya akan ada 3 kali survei, sehingga peserta akan menerima Rp 150 ribu secara total.

Sebagai catatan, Kartu Prakerja ini tidak akan berbentuk fisik, melainkan digital. Dana akan ditransfer melalui rekening bank atau rekening e-wallet yang telah didaftarkan di akun Anda pada situs www.prakerja.go.id.

Sumber : Kumparan

No comments:

Post a Comment