Breaking News

Monday, April 6, 2020

Peluang Usaha Tanpa Modal yang Hanya Mengandalkan Suara

Ilustrasi podcast. Foto: Martin Bailey Photography
KERINCI, KE - Banyak yang belum menyadari jika memulai sebuah usaha tidak harus dengan modal yang besar, buktinya tanpa modal seperti dari bakat yang kita miliki sudah bisa memberikan peluang bisnis yang menjanjikan.

Namun, sebagian dari kita mungkin masih berpikir jika pekerjaan yang menguntungkan hanya bekerja di kantor. Namun, sadarkah anda bahwa ada banyak cara untuk mendapatkan uang salah satunya dengan mengandalkan suara sebagai modal utama. 

Yang lebih menyenangkan, pekerjaan ini bisa dikerjakan cukup dari rumah, namun tetap perlu ruangan khusus agar tidak ada suara yang mengganggu. Nah, Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang bisa anda coba hanya dengan bermodalkan suara. 

1. Pengisi Suara Audio Book

Seiring berkembangnya zaman, saat ini banyak buku digital atau e-book yang disajikan langsung dengan suara. Jadi, jika anda berminat untuk mengisi suara berdasarkan bacaan yang disajikan oleh buku tersebut, maka anda bisa menekuni profesi yang satu ini. Audiobook saat ini masih belum populer di Indonesia, namun di Amerika, Audiobook sudah menggeser trend Podcast. 

2. Voice Over

Di luar negeri menjadi Voice Over atau pengisi suara sudah menjadi profesi yang sangat menjanjikan dalam sebuah industri digital. Namun di Indonesia sendiri, profesi voice over masih dianggap belum menjadi suatu pekerjaan, bahkan masih banyak orang yang tidak mengetahui adanya voice over.Saat ini, konten video lebih digemari banyak orang. Untuk itu membuat konten video membutuhkan usaha yang lebih lagi, terutama dalam konten video infographic membutuhkan motion graphic, background music, dan voice over

Voice Over sendiri adalah suara dari aktor atau narator untuk menyertai gambar pada sebuah video. Voice over umumnya digunakan dalam video dokumenter, pembelajaran digital, atau segmen audio visual yang berdurasi pendek.

3. MC atau Master of Ceremony

Bisnis yang satu ini cocok buat kamu yang suka bicara di depan umum, apalagi jika kamu memiliki artikulasi yang jelas saat berbicara dan bisa membawa suasana jadi seru saat ada acara. 

Meskipun masih berada dalam tahap acara yang kecil (acara resepsi pernikahan, pesta, peresmian kantor, dan sebagainya), namun tidak menutup kemungkinan untuk menjadi MC kondang dengan tarif mahal dan diundang dalam acara-acar besar nantinya.

4. Penyiar Radio atau Podcast

Keberadaan radio sampai saat ini masih memiliki pendengar setianya. Menurut Nielsen's Radio Audience Measurement (RAM), Radio masih didengarkan oleh sekitar 20 juta orang konsumen di Indonesia. Para pendengar radio di 11 kota di Indonesia yang disurvei setidaknya menghabiskan rata-rata waktu 139 menit per hari. Untuk itu peluang menjadi penyiar radio masih terbuka lebar terutama untuk generasi milenial.

Seorang penyiar juga memiliki peran yang sangat besar untuk menarik para pendengarnya agar terus setia mendengarkan saluran radio pilihannya. Penyiar dengan suara yang khas akan mudah dikenali oleh para pendengarnya. Selain itu, menjadi penyiar radio juga tidak perlu bertatap muka. Bagi anda yang tidak nyaman bertemu banyak orang atau penggemar, menjadi penyiar radio adalah salah satu solusi profesi yang menyenangkan.

Sumber : Kumparan

Baca Juga : Foto: Badut Penghibur di Tengah Wabah Corona

Baca Juga : Tak ke Kampus, Bantu Lawan Corona dengan Hal Berikut

No comments:

Post a Comment