Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ahmadi : Jadikan Momen Idul Adha Sebagai Perekat Tali Silaturahim

Drs. Ahmadi Zubir, MM. (doc/064)
KERINCIEXPOSE.COM - Sejatinya makna Idul Adha atau hari raya kurban menjadi penopang semangat kebangsaan untuk merajut kebersamaan dan persaudaraan dalam kebhinekaan.

Bakal Calon Walikota Sungai Penuh, Drs. Ahmadi Zubir, mengatakan pada saat ini ada dua momentum yang sangat penting, yaitu hari raya Idul Adha dan HUT Kemerdekaan RI.

HUT RI salah satu tujuannya untuk refleksi terhadap kebangsaan, maka hari raya kurban menjadi penopang terhadap semangat kebangsaan lewat makna kurban, untuk bangun kebersamaan di Kota Sungai Penuh.

Pernyataan Ketua perguruan tinggi ternama di Kota Sungai Penuh ini berkaitan dengan makna Idul Adha dan HUT Kemerdekaan RI dalam merajut kebersamaan dan solidaritas dalam bingkai kebhinekaan, Kurban pada Idul Adha menjadi perajut silaturahim, persaudaraan dan solidaritas antar sesama.

"Salah satu substansi dari kurban yakni keterbukaan, yaitu keterbukaan untuk memberi maaf dan memaafkan, serta keterbukaan berbagai sesama manusia tanpa melihat latar belakang apapaun," katanya, jum'at (31/7).

Ahmadi juga menambahkan, Idul Adha dan HUT Kemerdekaan memiliki keterkaitan yang sangat erat. "Kita berharap nilai-nilai kurban dapat diimplementasikan dalam kehidupan sosial sehari-hari untuk perbaikan dan menata pembangunan kerukunan baik antar warga," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Ahmadi umat Islam lewat hari raya nilai-nilai kurban harus menjadi penggerak utama pembangunan kerukunan antar sesama.

"Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan itu telah diajarkan dan diperlihatkan Nabi Muhammad SAW lewat Piagam Madinah. Olehnya, keteladanan Nabi dalam membangun kerukunan, harus menjadi rujukan," tutupnya. (064)