Breaking News

Monday, June 25, 2018

Bukan Sekedar Klaim, Zainal-Arsal Unggul dari Data Lembaga Survei Resmi


KERINCI, KE

H-1 menjelang pemilihan Bupati Kerinci dan Wakil Bupati Kerinci, semua kandidat disebut-sebut mengakui unggul menurut versi masing-masing. 

Meski demikian, pantauan sejumlah media, hanya pasangan Zainal Abidin dan Arsal Apri yang unggul berdasarkan hasil survei resmi dan lembaga yang kredibel dan telah melakukan berbagai survei pilkada di Kabupaten dan Kota di Indonesia. 

Idea Institut Indonesia pun mengumumkan hasil surveinya secara resmi ke media beberapa hari yang lalu. 

Masyarakat pun saat ini sudah mengetahui bahwa pasangan Zainal-Arsal diunggulkan oleh lembaga resmi seperti Idea Institut Indonesia. 

Seperti yang dikatakan Taufik warga Kerinci, bahwa unggulnya Zainal Abidin tersebut berdasarkan hasil survei dari lembaga resmi idea institute Indonesia.

Menurutnya, yang bisa membantah unggulnya Zainal Abidin-Arsal Apri saat ini hanya bisa dilakukan oleh lembaga survei yang resmi. Namun apabila hanya klaim dan pernyataan yang tidak ilmiah, maka masyarakat akan lebih percaya dengan hasil survei yang memang dilakukan secara ilmiah. 

ia menambahkan, jika ada pasangan calon yang mengklaim kemenangan hanya berdasarkan pernyataan dan pendapat, itu sama sekali tidak berdasarkan data dan fakta di lapangan. 

“Kalau survei itu jelas sekali, angka-angka yang dikeluarkan setelah melalui proses data yang diinput dari lapangan, bukan karena perasaan, semuanya dilakukan dengan ilmu dan teori,” tukasnya. 

Asril juga mengatakan hal yang sama. Dikatakan Asril, hasil survei hanya bisa dibantah atau dibandingkan dengan hasil survei dari lembaga resmi lainnya. Menurutnya dia, kalau tidak ada survei pembanding dari lembaga resmi, masyarakat tidak akan percaya dengan klaim semata. 

“Yang dipercaya tentu hasil survei dari lembaga resmi,” pungkasnya. (064)

No comments:

Post a Comment