Breaking News

Friday, December 28, 2018

Menang IKCI, Sungai Penuh Diakui Sebagai Kota Cerdas di Indonesia

SUNGAIPENUH KE - Masyarakat Kota Sungai Penuh patut berbangga. Betapa tidak, sebagai daerah pemekaran baru Bumi Sahalun Suhak Salatuh Bedil  kini bisa mensejajarkan diri dengan daerah daerah maju lainnya di Nusantara.

Bersama sejumlah kota -kota besar dan populer di Indonesia,  Kota Sungai Penuh dinobatkan sebagai pemenang IKCI (Indeks Kota Cerdas Indonesia) yang digelar koran terkemuka Harian Kompas.

Pencapaian besar ini, tidak terlepas dari kerja keras, komitmen dan kesungguhan Walikota H. Asafri Jaya Bakri (AJB) didukung jajaran pemkot Sungai Penuh dan warga masyarakat.

Harian Kompas menerbitkan ulasan terkait IKCI,  berikut para pemenang,  kategori dan indikator penilaian IKCI Tahun 2018. Dalam ulasannya,  Kompas memaparkan,  dalam IKCI 2018 ada 93 kota yang dilibatkan dalam penyusunan.

Pengukuran ke 93 kota dikelompokkan berdasarkan jumlah penduduk. Penyusunan indeks ini berbasiskan lingkaran kota cerdas milik Boyd Cohen , dalam lingkaran itu kota Cerdas ini dibangun dari banyak aspek yang dikelompokkan menjadi enam pilar yakni, lingkungan, mobilitas, pemerintahan,  ekonomi, masyarakat dan kualitas hidup. Indikator dari enam pilar itu diturunkan . Data sekunder terkait 93 kota dikumpulkan dari BPS dan lembaga lain.

Angka dan informasi yang dihimpun diolah dan diboboti dengan pendapat 12 pakar. Bobot terbesar dari enam elemen kota Cerdas ada pada aspek masyarakat,  kreativitas dan inklusivitas.

Kota kota yang unggul dalam IKCI 2018 umumnya memiliki inisiatif  inisiatif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kota Sungai penuh tampil sebagai pemenang IKCI 2018 kategori kota kecil bersama Kota Padang Panjang dan Kota Solok.

“Pencapaian ini kita persembahkan bagi seluruh warga Kota Sungai Penuh dan seluruh pihak yang bersama sama dengan kita berjuang mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan, ” ungkap Wako AJB.(Ade)

No comments:

Post a Comment