Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setelah Bendungan Rp 2,8 Triliun, Bupati Merangin Al Haris Berhasil Lobi Rp 112 M Dana Pusat


MERANGIN, KE - Merangin patut berbangga punya Bupati seperti Al Haris. Bagaimana tidak, selain energik, dia adalah sosok pekerja keras.

Selama dua priode memimpin Bumi Tali Undang Tambang Teliti, suami Hesnidar tersebut, sudah mempersembahkan “geliatnya” pembangunan monumental di tengah – tengah Kota Bangko.

Meski harus kulu kilir (Bolak Balik, red) ke pusat, ia terus berjuang melobi dan terus melobi supaya anggaran terus di gelontorkan demi terciptanya impian masyarakat Merangin pada pembangunan dan insfrastruktur.

Berkat ke-uletan dan kerja kerasnya, tahun 2020 ini Al Haris berhasil ‘memboyong’ ABPN sebesar 112 Milyar dari Balai Prasarana Jalan Nasional (BPJN) wilayah IV Sumatera ke Merangin.

Al Haris didampingi langsung oleh Kadis PUPR Merangin Aspan beserta tim teknis. Mereka disambut langsung Kepala BPJN Wilayah IV Sumatera, Ir Basor Hasoloan Pasaribu MT, beserta Tim-nya.

Pada pertemuan itu, Al Haris memaparkan sejumlah kebutuhan sarana dan prasarana urgent bagi masyarakat Merangin.

Peruntukan anggaran itu untuk membangun duplikat Jembatan Merangin kurang lebih Rp 58 Miliar.

Selebihnya, Preservasi jalan Bangko-Sandaran Agung Rp 44 M dan Preservasi jalan Bangko – Bungo Rp 8 Miliar lebih.

Disamping itu, masih ada enam kegiatan yang persiapan tender berupa tiga jembatan di ruas jalan lintas Sumatera serta empat jembatan gantung untuk di- pedesaan.

“Membangun suatu daerah butuh keuletan dan keseriusan serta inovasi. Merangin terus mendapatkan alokasi dana-dana dari APBN dan APBD Provinsi Jambi.

Selanjutnya hubungan nan harmonis ini akan terus kita tingkatkan untuk bersinergi dalam membangun daerah yang kita cintai ini,” kata Al Haris saat berdialog ke pihak BPJN Wilayah IV Sumatera, Jum’at (7/2).

Selain itu, pada pertemuan itu Bupati juga mengutarakan kepada Kepala BPJN Wilayah IV Sumatera jika Jembatan Merangin sedari Tahun 2015 lalu diusulkan dan baru terealisasi tahun 2020.

“Ini rezeki anak yang sholeh dan apa yang kita tanam dahulu sekarang kita menuai hasilnya,” ujar kepada Al Haris Jambiseru.com (media partner kerinciexpose.com) .

Tidak hanya di tahun 2020 saja, ternyata Bupati Merangin juga mengajukan sejumlah kegiatan ke BPJN Wilayah IV Sumatera. Dirincikannya, usulan di tahun 2021 melalui BPJN Wilayah IV Sumatera antara lain lanjutan pelebaran jalan lintas sumatera dalam Kota Bangko.

Pembangunan jembatan di ruas jalan kabupaten yang menjadi jalan strategis, peningkatan jalan Sungai Manau – Ngaol serta melalui dana deskresi untuk empat jembatan di pedesaan, hingga akses transportasi ekonomi masyarakat lancar.

Sementara itu, Kadis PUPR Merangin Aspan menyebutkan sesuai dengan intruksi Bupati Merangin, pihaknya komit untuk membantu kelancaran dalam pelaksanan kegiatan, baik dari APBN dan APBD Provinsi yang berlokasi di Merangin.

“Kita komit, sehingga mencapai hasil yang optimal dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Jika itu kita jaga kedepannya, Pempus dan Pemprov Jambi tak enggan menempatkan kegiatan di Merangin,” pungkasnya.(edg)