Breaking News

Tuesday, April 7, 2020

3 Peluang Bisnis yang Bermodalkan Kemampuan Menulis

Ilustrasi copywritter lepas. (Foto: Thinkstock)
Menulis merupakan sebuah kegiatan yang mengandalkan batin (perasaan) dan juga intelektual. Lewat menulis, kita bisa menyampaikan sebuah informasi yang didasari oleh pikiran yang kritis logis dan ditambah luasnya jangkauan wawasan lewat kata-kata yang ditulis.

Menulis adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk menyikapi derasnya informasi dan ilmu pengetahuan dengan berbagai macam tujuan termasuk  untuk kebutuhan industri. Berikut adalah beberapa peluang bisnis untuk penulis yang bisa kamu ambil:

1. Blogger
ilustrasi blogger. (Foto: Shutterstock).
Berkat internet, kamu bisa mempublikasikan tulisan kamu dengan mudah, salah satunya adalah dengan menggunakan blog. Kamu bisa menuliskan apapun di blog mulai dari menulis pengalaman sehari-hari, cerita pendek ataupun mengulas barang elektronik (jika menarik ada kemungkinan disponsori). Yang terpenting kamu fokus dengan niche market atau segmentasi pembaca yang spesifik dan sesuai dengan konten yang kamu dalami. 

Agar blog kamu mudah dikenal oleh orang dan terlihat lebih profesional, sebaiknya kamu menggunakan domain seperti “id” atau “com”. Tak lupa terapkan Pay Per Click (PPC) agar setiap klik pada blog kamu bisa dibayar oleh pengiklan.

2. Copywritter lepas

Ilustrasi penulis. Foto: Sabar Artiyono/kumparan)
Bisnis kedua yang bisa kamu dalami adalah menjadi Copywritter lepas. Dengan profesi ini, kamu bisa mendapatkan uang dengan mempromosikan produk atau jasa lewat teks. Mempromosikan bisa dengan banyak cara seperti mengajak, memamparkan kelebihan sebuah produk atau jasa.

Dalam menjalani profesi sebagai copywritter, kamu harus mengenali jasa atau produk yang kamu promosikan dengan konten yang faktual namu tetap persuasif. Selain itu, konten juga harus menarik dan mudah dipahami oleh banyak orang.

3. penulis naskah 
Ilustrasi penulis naskah. (Foto: Basith Subastian/kumparan)>
Penulis naskah dibutuhkan oleh industri termasuk industri periklanan dan industri perfilman. Dalam membuat sebuah konten iklan atau film, pastinya ada sebuah alur atau cerita yang nantinya diwujudkan dalam bentuk audio visual.

Naskah adalah langkah awal untuk membangun cerita atau alur dari konten audio visual tersebut. Seandainya kamu gemar membuat cerita, kamu bisa memulai karir sebagai penulis naskah baik itu di rumah produksi, stasiun televisi ataupun penulis lepas. 

Sumber : Kumparan

No comments:

Post a Comment