Breaking News

Tuesday, April 14, 2020

Khawatir Berlebihan? Ikuti Tips Berikut

com-Ilustrasi khawatir. Foto: Shutterstock
Rasanya, tak mungkin bila kita tak pernah merasakan rasa khawatir atau overthink dalam hidup. Overthink bisa kapan saja muncul disaat kita menghadapi suatu kondisi atau tantangan yang ada di depan mata. Perasaan ini biasanya hadir ketika kamu dihadapkan pada situasi yang tidak bisa kamu kendalikan.

Tak jarang, rasa khawatir atau overthink membuatmu menjadi tidak fokus dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Berpikir positif rasanya sulit untuk dilakukan, lantas apa yang dapat membantumu dalam mengurangi rasa khawatir yang berlebihan?

Beristirahat
com-Ilustrasi beristirahat. Foto: Shutterstock
Jika kamu memiliki waktu, luangkanlah untuk beristirahat. Sebab, beristirahat justru bisa meredakan stres dan mengisi ulang energi. Jangan biarkan rasa khawatir atau overthink justru membuatmu tidak tidur.  

Sebuah penelitian mengungkap bahwa mereka yang mengalami insomnia atau kurang tidur dapat berisiko dua kali lipat mengalami gangguan kecemasan, dan 70 hingga 80 persen orang dengan kecemasan klinis mengalami kesulitan untuk tidur. Maka, jangan sampai rasa overthink membuatmu melupakan waktu istirahat, ya. 

Luangkan waktu untuk bersantai
com-Ilustrasi memasak. Foto: Shutterstock
Jika cemas dan overthink mulai datang mengganggumu, cobalah untuk melakukan aktivitas yang kamu sukai selama berada di rumah seperti memasak, menonton film kesukaan, bermain bersama anak atau keluarga. Bisa juga jadikan momen ini sebagai waktumu untuk membersihkan rumah, agar rumahmu lebih rapi dan terhindar dari berbagai kuman dan penyakit.

Cari teman bicara
com-Ilustrasi chat. Foto: Shutterstock
Rasa cemas atau overthink mungkin membuatmu membutuhkan teman bicara. Hubungilah temanmu untuk berbicara melalui chat atau telepon. Mintalah mereka saran atau sekadar bercerita tentang hal lain untuk mendistraksi pikiranmu. Berbicara dengan orang yang kamu percayai dapat mengurangi rasa khawatir. 

Jaga kondisi tubuh
com-Jaga kondisi tubuh. Foto: VIT
Rasa cemas dan overthink bisa bikin kamu tak nafsu makan. Hal ini tentu lambat laun bisa membuatmu jatuh sakit, maka kamu disarankan untuk tetap menjaga kondisi dengan menjaga pola makan. 

Selain itu, kamu bisa melakukan serangkaian olahraga pernapasan seperti meditasi. Cobalah untuk makan makanan yang sehat serta imbangilah dengan mengonsumsi air mineral untuk membuat kamu lebih tenang menjalani hari. 

Air mineral adalah solusi yang paling sederhana untuk mengatasi rasa cemas ini.  Faktanya, sekitar 75 persen jaringan otak adalah air. Penting untuk menjadikan air sebagai nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dan badan, agar kamu bisa merasa sehat dan dapat beraktifitas dengan baik. 

Itulah tadi beberapa jenis aktivitas yang bisa kamu lakukan guna mengurangi rasa cemas atau overthink. Lakukanlah mulai dari hal yang paling sederhana yakni mengonsumsi air mineral agar tak membuatmu menjadi panik dan cemas.  

Dengan mengonsumsi air mineral yang cukup, kamu bisa merasa lebih sehat serta dapat merasa lebih adem untuk menjalani hari-harimu.

Sumber 

No comments:

Post a Comment