Breaking News

Wednesday, May 20, 2020

Resep Takjil Buka Puasa Keluarga: Kembang Tahu Kuah Jahe

Kembang tahu kuah jahe. Foto: Shutter Stock
Kerinciexpose.com - Memberikan sajian buka puasa untuk keluarga memang tidak boleh sembarangan. Anda tetap harus memastikan asupan nutrisi yang diberikan selama buka puasa dan sahur terjaga. 

Daripada menyajikan gorengan yang tinggi lemak, lebih baik Anda menghidangkan menu takjil lain yang direbus. Misalnya saja menyajikan kembang tahu kuah jahe. Sudah pernah coba? 

Ya Moms, kembang tahu atau wedang kembang tahu ini bentuknya mirip dengan bubur sumsum. Rasanya manis dengan tentunya cita rasa kuah jahe yang menyegarkan. Bila Anda tertarik mencobanya, Anda bisa mengikuti resep berikut ini. 

Bahan Kembang Tahu : 

400 ml susu kedelai plain 
1/2 sdt agar-agar plain 
1 sdm gula pasir 
Garam secukupnya 

Bahan Kuah Jahe : 

500 ml air 
150 gr gula merah, potong halus 
2 batang serai, memarkan
50 gr jahe, geprek 
Garam secukupnya 
1 lembar daun pandan, ikat dan simpulkan

Cara Membuat:

1. Siapkan panci, tuang susu kedelai dan agar-agar lalu aduk sampai rata hingga matang. 
2. Bila bahan pembuat kembang tahu sudah matang, tunggu sampai uapnya hilang. Setelah itu baru pindahkan ke wadah, dan simpan sampai teksturnya mengeras. 
3. Masukan air, celupkan jahe dan serai yang sudah digeprek, tambahkan gula merah dan daun pandan, biarkan hingga mendidih. 
4. Untuk penyajian, ambil mangkuk, tuangkan kembang tahu dengan sendok, lalu siram kuah jahe. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa meletakkan daun pandan di atasnya. 
Tidak sulit kan membuatnya?

Sumber : Kumparan

No comments:

Post a Comment