Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Alexa, PageRank, dan Domain Authority

Alexa Rank
KERINCI, KE - Popularitas suatu blog atau website yang layak untuk dijadikan backlink atau diberi job review biasanya diukur dengan parameter tertentu. Ada beberapa tools yang biasanya menjadi patokan para agency atau advertiser untuk menentukan nilai dari suatu blog.

Secara umum, parameter yang populer dijadikan sebagai patokan adalah Alexa Rank, Page Rank, dan Domain Authority (DA). Ada beberapa advertiser yang hanya percaya menggunakan DA tapi ada juga yang masih mempergunakan Alexa Rank dan Page Rank walaupun dirasa tidak akurat dan nilainya dapat dimodifikasi.

Alexa

Alexa Internet, Inc. adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, dan menyediakan data komersial terkait traffic web. Didirikan sebagai sebuah perusahaan independen pada tahun 1996, Alexa kemudian diakusisi oleh Amazon pada tahun 1999. Toolbar yang diciptakan oleh Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan berselancar penggunanya di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa, di mana data-data tersebut disimpan dan di analisis, sehingga menjadi dasar dari laporan web traffic yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya.

Sebagaimana tercatat pada tahun 2014, Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar. Situs web Alexa dikunjungi lebih dari 8,8 juta orang setiap bulannya.

Pasang Alexa Toolbar

Lalu, kunjungi secara rutin setiap hari blog kita sendiri agar nilai Alexanya makin turun karena terdeteksi melalui toolbar tersebut. Lebih baik lagi, kita mampu memberikan informasi kepada pembaca blog dan meminta mereka untuk meng-install Alexa toolbar pada browser mereka.

Cara lain untuk merampingkan nilai Alexa adalah dengan menulis sebuah artikel panjang, bermanfaat, dan banyak dicari orang. Artikel tersebut akan mampu menempati urutan pertama dalam pencarian dan selalu mendapatkan traffic yang stabil. Jangan lupa untuk terus meng-update blog dengan konten bermanfaat sehingga pengunjung akan merasa senang dan terbantu dengan artikel di blog kita.

Peringkat Media Online di Jambi Versi Alexa 15 Februari 2020

PageRank

PageRank adalah sebuah algoritme yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.cuma.

Domain Authority

Domain authority adalah sebuah website metric yang menjadi ukuran kepercayaan dari sebuah situs atau website berdasarkan  rujukan yang berasal dari mesin pencari dan pengguna, seperti yang telah dikembangkan oleh Moz, domain authority adalah sebuah faktor penting yang mempengaruhi trafik dan ranking dari sebuah website, karena domain authority adalah acuan atau barometer dari tingkat kepercayaan situs itu sendiri.

Banyak ahli SEO mengatakan, jika domain authority ini adalah acuan bagaimana Google memberikan page rank terhadap suatu situs. Namun ada juga kalangan yang beranggapan, jikalau hal ini tidak sepenuhnya benar. Memang banyak pro dan kontra mengenai domain authority ini, tapi yang perlu kita lihat kembali adalah, situs yang memiliki page rank tinggi pasti mempunyai nilai atau tingkat domain authority yang sangat baik. Sehingga dapat kita simpulkan, bahwa domain authority adalah satu dari sekian banyak faktor atau barometer tingkat kepercayaan search engine kepada suatu situs atau website.