Sofyan Ali Usulkan Dirjen Cipta Karya Agar Fokus Renovasi Sekolah Swasta, terutama Pesantren



KERINCIEXPOSE.COMKomisi V DPR RI menggelar raoat dengar pendapat bersama Dirjen Cipta Karya dan Kepala BPIW, bertempat di ruang sidang komisi V DPR-RI, selasa (26/01).


Dalam rapat dengar pendapat tersebut, Anggota komisi V fraksi partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga menjabat sebagai ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jambi, Sofyan Ali mengusulkan dalam kegiatan Dirjen Cipta Karya 2021 terkait renovasi seperti kewenangan yang ada dirjen berdasarkan perpres 43 tahun 2019.


Menurut Ketua DPW PKB Provinsi Jambi ini, ada yang mengganjal baginya dalam keputusan tersebut, pasalnya dalam renovasi yang ada di dirjen hanya ditujukan untuk pembangunan sekolah-sekolah negeri yang ada di Indonesia, seperti perguruan tinggi, Sekolah Dasar, SMP hingga SMA, tidak disebutkan sekolah swasta, terutama untuk pesantren-pesantren.


“Menurut saya ini diskriminatif bagi anak bangsa, sekolah-sekolah swasta juga butuh perhatian terutama pesantren-pesantren,” kata Sofyan Ali.


Menurutnya, pesantren ini sangat berperan dalam mendidik anak bangsa. Selama ini pihak pesantren dengan suka rela mendidik anak-anak bangsa tanpa ada dana pembangunan dan juga dana penelitian bahkan tunjangan.


“Para kyai di pesantren sangat ikhlas mendidik anak-anak bangsa, bahkan tanpa dana tunjangan, dana pembangunan dan dana penelitian,” tegasnya.


Untuk itu, Anggota DPR-RI dapil Jambi ini mengimbau kepada Dirjen Cipta Karya agar fokusnya tidak hanya untuk sekolah-sekolah negeri, sekolah swasta juga harus diperhatikan.


“Dirjen fokusnya jangan hanya untuk sekolah-sekolah negeri saja, swasta juga perlu diperhatikan,” ungkapnya. (064)