Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gempa Guncang Nias Barat, Terasa Hingga Mentawai Warga Ngungsi

 

Ilustrasi

Kerinciexpose.com -  Warga di Daerah Provinsi Sumatera Barat dan Sumatera Utara merasakan guncangan gempa yang begitu kuat, 6,7 magnitudo di Nias Barat, sehingga warga dilaporkan mengungsi.

"Laporan dari BPBD di kabupaten Mentawai disampaikan bahwa masyarakat sempat mengungsi ke tempat lebih aman. Kemudian sebagian masyarakat yang mengungsi telah kembali ke rumah masing-masing, namun masih terdapat pengungsi yang bertahan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers virtual, Jumat (14/5/2021).

Dwikorita mengungkapkan, sejauh ini belum ada informasi dampak akibat gempa bumi yang mengguncang Nias Barat itu.

"Sejauh ini belum ada informasi dampak akibat gempa bumi tersebut. Satgas relawan BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai di Desa Simalegi, Kecamatan Siberut barat terus menghimbau masyarakat agar selalu waspada," tuturnya.

Untuk diketahui gempa M 6,7 mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara siang ini. Tercatat ada 9 kali gempa susulan usai gempa pertama.

Sejumlah wilayah di Sumut dan Sumatera Barat pun turut merasakan guncangan gempa. Salah satu wilayah yang merasakan guncangan gempa itu yakni Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Desa Tuapaja, Kecamatan Sipora Utara mencatat 2-3 detik gempa dirasakan. Sedangkan di Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Barat, warga merasakan guncangan gempa selama 4-5 detik.

Sumber: Detik.com