Ini Tips Menyimpan Rendang Sisa Idul Fitri agar Tak Mudah Basi

 

Kerinciexpose.com - Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang biasa dihidangkan saat lebaran Idul Fitri.

Selain itu, bila kita memasaknya secara baik dan benar, rendang bisa bertahan sampai 2 minggu. Terlebih di momen Lebaran seperti ini, pastinya akan banyak makanan yang tersisa. Daripada dibiarkan begitu saja, sebaiknya disimpan dan diawetkan supaya dapat dikonsumsi kembali.

Meski begitu, kita juga tak boleh asal ketika menyimpan rendang. Ada beberapa tips yang harus kamu ketahui agar rendang tak cepat basi. Apa saja, ya? Yuk, kita simak selengkapnya berikut ini.

1. Pastikan rendang sudah dalam suhu ruang

Seusai memasak rendang, sebaiknya pisahkan menjadi beberapa porsi. Lalu, biarkan rendang dingin dahulu, setidaknya hingga mencapai suhu ruangan. Jika kamu menyimpan rendang panas langsung dalam kulkas kemungkinan akan lebih mudah basi.

Selain itu, kamu juga bisa memanaskannya sesaat sebelum disimpan dalam wadah. Sebisa mungkin panaskan hingga rendang mengering. Daging yang lebih kering mampu bertahan hingga 5 hari ke depan.

2. Letakkan dalam wadah kedap udara atau plastik

Ada dua wadah yang bisa membuat daging rendang mampu bertahan lama. Pertama, wadah kedap udara dan yang tertutup. Jika kamu memang tak berencana menyimpan makanan tersebut di kulkas, maka cukup simpan dalam wadah semacam tertutup rapat tersebut. Akan tetapi, rendang hanya bisa bertahan selama 3-4 jam.

Nah, kalau kamu ingin rendang bertahan lebih lama hingga seminggu ke depan. Gunakan plastik atau wadah kedap udara dan simpan di kulkas. Kedua wadah atau tempat penyimpanan itu sangat direkomendasikan agar rendang tak terkena udara dalam kulkas.

3. Simpan dalam kulkas atau freezer

Kulkas maupun freezer sejatinya jadi tempat penyimpanan yang sangat direkomendasikan. Hal ini bertujuan supaya makanan bisa tahan lama meski sudah beberapa hari dimasak. Jika kamu ingin menyantap rendang 2-3 hari setelah hari raya, bisa simpan dalam kulkas saja. Tapi, bila ingin lebih awet lagi, boleh simpan dalam plastik dan masukkan ke freezer.

4. Jangan simpan berdekatan dengan makanan lain

Jauhkan rendang dari makanan lainnya yang ada di kulkas. Usahakan ketika menyimpannya, letakkan pada satu rak kulkas yang memang hanya berisi rendang saja. Hal ini akan mencegah kualitas rasa dan aroma dari makanan tersebut.

Sumber: Kumparan.com