Sore ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1442 H

 

Kerinciexpose.com - Sehubungan dengan berakhirnya bulan suci Ramadhan, Kemenag akan menggelar sidang isbat penentuan 1 Syawal atau hari Raya Idul Fitri 1442 H, sore ini selasa (11/5/2021.

Sidang Isbat Idul Fitri akan dipimpin langsung Menag Yaqut Cholil Qoumas. Pelaksanaannya pun secara virtual dan terbatas karena situasi pandemi corona. 

"Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi, hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas," ucap Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, dalam keterangan resminya.

Sidang Isbat akan dimulai pukul 16.45 WIB dengan diawali pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya. 

Setelah Magrib, sidang Isbat dipimpin Menag Yaqut Cholil Qoumas, dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal atau melihat hilal.

Rukyatul hilal ini dilaksanakan di 88 titik seluruh Indonesia. Untuk wilayah DKI Jakarta, rukyatul hilal dilaksanakan di Gedung Kanwil Kementerian Agama DKI lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy'ari Jakarta Barat.

Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan 1 Syawal 1442 H jatuh pada Kamis (13/5). Metode hisab (perhitungan) astronomis yang digunakan Muhammadiyah bukan manual dengan melihat hilal (awal bulan). 

Sumber: Kumparan.com