Olimpiade 2020: Indonesia Rebut Medali Perdana, Perunggu dari Angkat Besi

 

Atlit angkat besi Indonesia, Windy Cantika yang berhasil meraih medali perunggu

Kerinciexpose.com - Olimpiade 2020 sudah dimulai, Indonesia berhasil meraih medali pertamanya dari cabang olahraga angkat besi. Atlit yang berhasil meraih medali perumggu tersebut bernama Windy Cantika.

Berlaga di Tokyo International Forum, Sabtu (24/7/2021), Windy yang turun di nomor 49 kg putri menorehkan total angkatan 194 kg. Catatan tersebut didapat atlet 19 tahun itu usai menorehkan angkatan snatch 84 kg serta clean and jerk 110 kg. 

Sementara, untuk medali emas diraih lifter China Zhihui Hou dengan total angkatan 210 kg dan Chanu Saikhom Mirabi asal India meraih medali perak dengan 202 kg.

Pada angkatan snatch, Windy gagal pada percobaan pertamanya dengan berat 84 kg, tetapi ia mampu membayarnya pada kesempatan kedua dengan berhasil mengangkat beban tersebut. Sayang, Windy gagal mengangkat beban 87 kg pada percobaan ketiga atau terakhirnya. 

Untuk angkatan snatch, Windy berada di peringkat keempat dengan total angkatan 84 kg. Secara berurutan, lifter asal Bandung, Jawa Barat ini berada di bawah China, India, dan Amerika Serikat.

Khusus Zhihou Hou, ia berhasil memecahkan rekor Olimpiade untuk angkatan snatch sebesar 94 kg. Atlet 24 tahun itu kemudian kembali memecahkan rekor Olimpiade untuk clean and jerk sebesar 160 kg. 

Pada angkatan clean and jerk. Windy tampak tampil lebih percaya diri. Ia berhasil mengangkat beban 103 kg pada percobaan pertama. Begitu pula dengan percobaan kedua dengan beban bertambah sebesar 108 kg. 

Pada percobaan ketiga atau terakhirnya, Windy memilih beban sebesar 110 kg. Dan, berhasil! Dengan demikian, Windy pun menyumbang medali perunggu untuk Indonesia. 

Sumber: Kumparan.com