Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Satgas Yonif 512/QY Amankan Penyaluran Dana Desa Di Wilayah Perbatasan Papua

 

Satgas Yonif 512/QY Amankan Penyaluran Dana Desa Di Wilayah Perbatasan Papua

Kerinciexpose.com - Bersama seluruh jajaran aparat TNI-Polri dan instansi pemerintahan di Kabupaten Keerom, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY hadir dan turut serta dalam pengamanan penyaluran Dana Desa di Kantor Distrik Mannem Kampung Wonerejo Pir IV, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom Papua.

Penyaluran dana desa tersebut merupakan penyaluran tahap I sebesar 40 % dari tahun anggaran 2021 kepada masing - masing Kepala kampung yang yang ada di wilayah Kabupaten Keerom.

Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat ketika dikonfirmasi secara langsung mengungkapkan bahwa penyaluran dana desa tersebut dilakukan secara terbuka oleh Drs. Edy Y. Buntan M.Si selaku Asisten II Bupati Keerom dengan didampingi oleh bendahara kampung dari Distrik Manem, Distrik Arso Timur dan Distrik Waris. Sabtu (17/07/2021)

"Kemarin Asisten II dengan dibantu bendahara membagikan langsung dana desa tersebut kepada kepala Distrik dan para Kepala Kampung di wilayah Keerom" terang Dansatgas.

Lanjut Dansatgas "Dengan hadirnya para pejabat dan aparat TNI-Polri kemarin, diharapkan masyarakat dapat tertib dalam pelaksaan penyaluran dana desa tahap I tersebut."

Tujuan dari penyaluran dana desa tersebut agar masyarakat dapat melihat, mengawasi, ikut terlibat langsung di dalam proses pembangunan di kampung dan pemerintah yang ada di kampung dapat menjalankan pengelolaan dana desa dengan transparan.

Selain itu, tujuan penyaluran dana desa juga agar pembangunan yang ada di kampung semakin efektif, bermanfaat bagi masyarakat serta dapat dilakukan dengan tepat sasaran.

Dansatgas juga menambahkan dengan dilaksanakanya pembagian dana desa secara langsung, akan mewujudkan tujuan yang sudah diatur dalam Undang-Undang Pemerintah Nomor 60 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan kampung yang transparan, akuntabel dan tepat sasaran.

Beberapa pejabat di wilayah Kabupaten Keerom juga turut hadir diantaranya Obeth Ansanay, SH., MH (Kabag tindak pidana khusus kejaksaan jayapura) Edi Y Buntan, M.Si (Asisten II Bupati Keerom) Barmen Siagian, S.Sos (Plt. Kepala DPMK Kabupaten Keerom) Muh. Nur Bakti, SH.,MH (Wakapolres Keerom) Letkol Inf Muhamad Erfani (Dansatgas Yonif 131/BRS) Mayor CPM (K) Uce Brabar (Pabung Kodim 1701/Jayapura) Yahya Sauri (Wakil ketua Komisi DPRD Kab. Keerom)  serta Servosius Tuamis (Ketua Dewan Adat Keerom).