Kreatif

 


Musri Nauli 

Disela-sela mempercepat vaksinasi ditengah masyarakat sekaligus mengajak masyarakat agar mau ikut vaksinasi, cara-cara kreatif memang diperlukan. 

Ditengah lapangan Gubernuran, ajakan Al Haris sebagai Gubernur kemudian memberikan ide-ide kreatif. 

Dengan memberikan contoh-contoh kecil, seperti mengajak dukungan dari dunia usaha yang menyediakan fasilitas hadiah seperti door prize untuk diletakkan ditengah-tengah acara. Sehingga acara yang kemudian terdapat door prize tentu saja membuat masyarakat bergembira. 

“Kagek cari motor sepuluh ekok” atau Henpone”. Nah, pas masyarakat yang mau ikut vaksin ketika mendaftarkan kemudian diberi nomor antrian. Setelah acara vaksin selesai, kemudian diundi. Barulah kemudian ditentukan pemenangnya”, Demikian ajakan Al Haris ditengah-tengah para pengambil keputusan untuk mengajak masyarakat agar mau dan bersedia mengikuti vaksinasi. 

Cara sederhana sekaligus solusi praktis ditengah masih enggannya masyarakat mengikuti vaksin adalah mempercepat capaian target vaksinasi. 

Ide-ide sederhana memang diperlukan. Selain memenuhi target capaian target nasional didalam mempercepat vaksinasi penduduk, ketertinggalan Jambi masih jauh dari yang diharapkan. 

Sebagaimana di website https://vaksin.kemkes.go.id/#/detail_data, data menunjukkan untuk Provinsi Jambi vaksin pertama baru mencapai 710.721 atau baru mencapai 26,46%. Sedangkan untuk vaksin kedua malah baru mencapai 373.966 (13,92%).  Angka yang tidak berbeda jauh untuk vaksin kedua yang mencapai 14 %. 

Cara-cara kreatif sekaligus mengajak masyarakat tetap bergembira mengikuti vaksinasi adalah didalam upaya Provinsi Jambi menekan laju angka korban covid 19. 

Jambi yang disebutkan sebagai daerah yang harus menjadi perhatian harus mendapatkan mendukung dari seluruh lapisan masyarakat (multistakeholder). Sehingga dengan bergandengan tangan dapat melewati krisis dengan baik. 

Dan pemimpin kreatif adalah pemimpin yang paling paham apa yang dirasakan masyarakat. Sekaligus mampu menghibur masyarakat. Salah satu memperkuat imun masyarakat ditengah pandemic yang masih berlangsung.