Kunjungan Pangdam V/Brawijaya ke wilayah perbatasan NKRI

 

Kerinciexpose.com –  Sebagai satuan dibawah kendali Kodam V/Brawijaya, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY menerima kunjungan dari Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M.

Dalam kunjungan ini Pangdam didampingi oleh Asop dan Aslog Kasdam V/Brawijaya, kunjungan dalam rangka kegiatan Pengendalian dan Pengawasan Operasi (Dalwasops) Satuan Tugas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/Qy di Wilayah Jayapura dan Kab. Keerom, Papua.

Sebelum menerima paparan dari Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY, rombongan Pangdam menjalani prokes yang dilakukan oleh timkes, berupa pengecekan suhu badan.

Selanjutnya Letkol Inf Letkol Inf Taufik Hidayat selaku Dansatgas  melaporkan kepada Pangdam V/Brawijaya tentang kondisi pos dan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Satgas dari jajaran pos Satgas Yonif Mekanis 512/QY.

Dalam paparannya Dansatgas selain melaporkan setuasi keamanan di wilayah Keerom, juga menjelaskan tentang kegiatan lain yang telah dilakukan oleh Satgas Pamtas seperti kegiatan sosial berupa penyuluhan kesehatan, anjangsana ke rumah-rumah penduduk, pelayanan kesehatan secara door to door, bersih desa, penyuluhan ketrampilan dan mengirim personil Satgas Pamtas untuk menjadi tenaga pendidik di SMP.

Semua kegiatan selain tugas pokok, yang dilakukan oleh Satgas Pamtas selama menjalankan tugas di wilayah Keerom bertujuan untuk meringankan dan membantu penduduk mengatasi kesulitan-kesulitan dan semua kegiatan itu mendapat apresisasi positif dari penduduk setempat.

Mengakhiri paparannya Dansatgas Pamtas menyampaikan rasa bangga dan terimakasih atas kunjungan Pangdam V/Brawijaya, dan berharap dengan kunjungan ini akan semakin memotivasi semangat seluruh anggota Yonif Mekanis 512/QY dalam melaksanakan tugas sampai akhir menjadi bertambah baik.

Dalam pengarahannya Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M menekankan kepada setiap prajurit Satgas Yonif Mekanis 512/ QY, agar selalu waspada dan meningkatkan keamanan dalam setiap kegiatan. Dan melaksanakan pembinaan teritorial lebih humanis dengan senyum, sapa dan salam".

Selanjutnya Pangdam V/Brawijaya mengingat kepada seluruh anggota agar menghindari pelanggaran sekecil apapun dan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, serta beribadah dengan baik, selalu bersyukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan. 

Pada kunjungan Pangdam V/Brawijaya, Dansatgas Yonif Mekanis 512/QY memperlihatkan hasil kegiatan selama melaksanakan  tugas Pamtas berupa kegiatan tambahan seperti pengolahan bahan pangan mentah menjadi makanan siap saji untuk di pasarkan, antara lain (kripik Batang pohon pisang, kripik bunga jantung pisang, bolu gulung dari ubi). 

Kegiatan seperti ini sebagai perwujudan dari 8 wajib TNI yang salah satunya adalah membantu rakyat dalam kesulitan, dan menjadikan setiap kehadiran TNI dalam masyarakat hendaknya selalu menjadi sebuah solutif untuk masyarakat. 

Disela-sela kunjungan ini Pangdam/Brawijaya menyempatkan diri menyematkan pangkat baru kepada personil Yonif Mekanis 512/QY yang mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dan kunjungan ini diakhiri dengan penanaman pohon oleh Pangdam V. (064)