Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lulus dari 7 Perguruan Tinggi Ini Bisa Langsung Jadi ASN, Tak Perlu Tes CPNS

 

Ilustrasi sekolah kedinasan. Foto: iStock

Kerinciexpose.com - Lulus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (ASN) tentu menjadi pekerjaan yang selalu diidam-idamkan. Tidak mengherankan kalau pendaftaran CPNS selalu dinanti, mereka mencari informasi, ikut kursus, dan lainnya.

Kini ada caranya dengan melalui sekolah. Sekarang sudah banyak sekolah kedinasan di Indonesia, biasanya berada di bawah naungan lembaga atau kementerian.

Lulusan sekolah kedinasan atau Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) ini memang diproyeksikan untuk mengisi formasi pegawai di lembaga atau kementerian yang bersangkutan. Setelah menyelesaikan pendidikan, alumni sekolah ini langsung mendapatkan penempatan di kantor pemerintahan sesuai sekolahnya.

Berikut ini akan diulas mengenai sekolah kedinasan atau PTK di Indonesia yang lulusannya bisa langsung jadi CPNS atau ASN. Berikut daftarnya.

Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

Politeknik Keuangan Negara STAN adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang mana lulusannya bisa memenuhi syarat untuk bekerja di lingkungan Kemenkeu atau lembaga negara terkait.

Di PTK ini tersedia berbagai macam jenjang dari Diploma I hingga Diploma IV. Sementara itu, untuk program studinya menyediakan jurusan Akuntansi, Perpajakan, Kepabeanan dan Cukai, serta Manajemen Keuangan.

Untuk informasi detail seputar kampus ini, kamu bisa mengunjungi website resmi: http://pknstan.ac.id.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN merupakan salah satu kampus kedinasan yang paling dibutuhkan di negeri ini. Di kampus ini terdapat jurusan agen dan analis intelijen. Biar makin tahu seputar jurusan ini, langsung kunjungi http://ptb.stin.ac.id.

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Siapa yang suka banget sama statistik dan matematika? Yaps, selain bakal bertemu dengan pelajaran kesukaanmu, kuliah di jurusan ini kamu bakalan mendapatkan kesempatan untuk menjadi CPNS.

Program studi di kampus ini hanya ada dua, yaitu statistik dan komputasi statistik. Jadi tinggal pilih aja sesuai yang kamu inginkan. Nah, biar kamu gak bingung tentang informasi di jurusan ini langsung aja cek di http://stis.ac.id.

Sekolah Tinggi Meteorologi dan Geofisika (STMKG)

Suka banget sama hal-hal berbau meteorologi dan geofisika, melanjutkan studi di kampus ini bisa jadi pilihan. Kampus yang satu ini merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan BMKG, guys. Jadi kamu bisa menjadi CPNS ketika kamu lulus nanti.

Oh iya, seputar informasi di jurusan ini bisa kamu kunjungi http://ptb.stmkg.ac.id.

Badan Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

PTK yang satu ini masih di bawah naungan kementerian pertahanan bagian sub badan intelijen negara. SSN sendiri memiliki jenjang studi untuk program Diploma IV. selain itu, buat kamu yang lolos di PTK ini kamu bakalan terbebas dari biaya pendidikan dan mendapatkan asrama selama masa studimu.

Untuk informasi terkait, langsung saja kunjungi https://poltekssn.ac.id.

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Sama seperti halnya Politeknik Imigrasi, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan berada di bawah Kementerian Hukum dan HAM.

Alumni politeknik ini langsung ditempatkan di bawah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, salah satu lokasi kerja di Lapas atau Lembaga Pemasyarakatan. Langsung saja kunjungi https://poltekip.ac.id.

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

Kementerian Perhubungan memiliki sejumlah sekolah tinggi kedinasan, salah satunya Sekolah Tinggi Transportasi Darat.

Sekolah kedinasan ini mencakup penerbangan, pelayaran, transportasi darat, keselamatan transportasi, dan lainnya. Langsung saja kunjungi https://www.ptdisttd.ac.id.

Sumber: Kumparan.com