Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Haza Resto and Cafe Jambi Manjakan Lidah dengan Menu Gulai Ikan Semah Khas Kerinci

  

Gulai ikan Semah khas Kerinci. Foto: Ist

Kerinciexpose.com - Ikan semah sudah tidak asing lagi bagi Masyarakat Jambi, khususnya bagi warga Kabupaten Kerinci. Bagi warga Jambi untuk menyantap lezatnya sajian khas ikan semah Kerinci tak perlu jauh-jauh datang ke Kerinci, Haza Resto & Cafe Jambi kini hadir menyediakan menu gulai ikan semah. Haza Resto and Cafe di Jambi nantinya akan mulai dibuka pada hari sabtu (12/03/2022).

Owner Haza Resto and Cafe, Zainal Abidin mengatakan, ikan semah ini sangat unik, hanya hidup di sungai Kabupaten Kerinci dan cara mendapatkannya sangat sulit karena harus menyelam saat malam menggunakan tombak  atau alat khusus.

"Saat saya masih aktif menjadi Wabup, setiap tamu atau pejabat luar yang datang selalu meminta saya menyiapkan ikan semah, karena ikan ini hanya bisa didapatkan di Kerinci dan rasanya sangat enak apalagi rasa sisiknya yang sangat gurih. Biasanya ikan lain sisiknya tidak dimakan," ujar Zainal Abidin yang juga merupakan mantan Wakil Bupati Kerinci.

Tak hanya itu kata Zainal Abidin, ikan semah juga menyelamatkan masyarakat di sekitar danau Kerinci dan sungai Batang Merangin. Ikan ini menjadi ujung tombak perekonomian masyarakat Kerinci khususnya di daerah tersebut. 

"Haza Resto and Cafe sengaja kami buka di kota Jambi agar masyarakat setempat dapat menikmati ikan endemik ini tanpa perlu menempuh perjalanan darat 8-10 jam ke Kerinci," ujarnya.

Di rumah makan, gulai ikan semah dimasak dengan racikan bumbu seperti cabai rawit, garam, jahe, laos, bawang merah, bawang putih, serta santan kelapa khas Kerinci. Harga satu porsi gulai ikan semah dibanderol seharga Rp36 ribu/100 gram. 

"Ikan semah bukan hanya lezat, tetapi juga kaya manfaat. Ikan semah mengandung asam lemak omega 3 yang bagus untuk pertumbuhan dan membantu menutrisi otak manusia. Ikan ini juga diyakini mampu meningkatkan selera makan dan meningkatkan imunitas," ungkap mantan Wabup Kerinci yang dikenal dekat dengan warga ini.

Selain di pasar domestik, ikan semah juga menjadi merupakan primadona di pasar ekspor. Ikan ini dibanderol antara Rp3 juta-Rp5 juta per kilogram. 

Haza Resto & Cafe juga menyediakan beberapa menu makan tradisional Indonesia dan Kerinci serta terdapat pengolahan kopi dan teh terbaik Kabupaten Kerinci. (064)