Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Presiden Jokowi Bakal Naikkan Harga BBM Subsidi Besok? Ini Kata Menteri ESDM

 

Menteri ESDM Arifin Tasrif menghadiri acara bersama Pertamina di Nusa Dua, Bali, Selasa (30/8/2022).  Foto: Pertamina

Kerinciexpose.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif merespon kabar Presiden Jokowi dikabarkan akan menaikkan harga BBM subsidi pada Rabu (31/8). 

Sinyal tersebut semakin kuat usai Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memberikan keterangan resmi mengenai pemberian bansos yang akan didistribusikan minggu ini.

Merespons hal tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut kebijakan pemerintah soal kenaikan BBM bersubsidi masih terus digodok. Dia menyuruh masyarakat menunggu saja.

"Masih dimatengin, tunggu aja besok," kata Arifin kepada wartawan di Nusa Dua, Bali, Selasa (30/8).

Di sisi lain, Ketua DPR Puan Maharani mengungkapkan, pemerintah harus bisa menghitung dampak rencana kenaikan harga BBM.

"Kalkulasi dampak yang harus diperhitungkan bukan hanya untuk pemulihan ekonomi, tetapi untuk masyarakat," ujar Puan yang juga ada di Bali.

Puan meminta pemerintah untuk mencermati rencana kenaikan harga BBM dengan sebaik-baiknya. Menurut dia, sosialisasi yang baik dan tepat terhadap masyarakat, sangat diperlukan.

"Jadi jangan sampai saat ingin melakukan kenaikan harga BBM tidak ada sosialisasi yang baik," ujar Ketua DPR RI Puan Maharani.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengumumkan negara telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 24,17 untuk bansos yang akan didistribusikan minggu ini. Tambahan bansos ini dimaksudkan untuk meringankan beban masyarakat di tengah gejolak harga pangan dan komoditas.

Menkeu menuturkan bansos tersebut akan dieksekusi paling lambat minggu ini. Pemerintah berharap ini dapat mengurangi tekanan masyarakat akibat kenaikan harga.

Dia tak menampik jika harga BBM bersubsidi akan naik dalam waktu dekat. Saat ditanya wartawan soal kapan kenaikan harga tersebut, ia menyebut saat ini hanya bicara tentang subsidi dan bansos.

“Saya mengumumkan hari ini untuk penambahan bansos dulu, itu yang diinstruksikan Bapak Presiden hari ini, jadi masyarakat akan mulai mendapatkan bantuan sosial,” jelas dia.

Sumber: Kumparan.com