Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekolah Parlemen Kampus, Pebi: Legislator Wajib Bertanggung Jawab Secara Moral dan Politik atas Aspirasi Masyarakat

Sekolah Parlemen Kampus di IAIN Kerinci. Foto: Ist

 Kerinciexpose.com - Sekolah Parlemen Kampus merupakan kegiatan diskusi yang dilakukan oleh mahasiswa dengan legislator dengan pembahasan mengenai dinamika yang terjadi di gedung DPR/DPRD. Sekolah Parlemen Kampus jarang sekali dilakukan di Indonesia. Karena jarang sekali ada momentum yang tepat dalam penyelenggaraannya.

Pada hari Sabtu kemarin, 5 November 2022. Sekolah Parlemen Kampus dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kampus Utama IAIN Kerinci. 

Yang menjadi peserta adalah 85 orang mahasiswa IAIN Kerinci. Sebagai narasumber yaitu Pebi Julianto, S.Sos., MM., CH., CHt. dosen/ Peneliti IAIN Kerinci dan STIA Nusa dan  Dr. Fadli Sudria, SE., M.Hum. Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi.

Saat dihubungi, Pebi Julianto, MM., CHt, menyampaikan, "Alhamdulillah acara sukses dilaksanakan. Semoga pengayaan keilmuan mengenai parlemen ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk bekal kesuksesannya kedepan. Sesuai dengan yang telah diatur oleh undang-undang, bahwasanya Legislator diwajibkan menghimpun aspirasi masyarakat, kemudian diwajibkan untuk dipertanggung jawabkan secara moral dan politik," Sebut Pebi.

Dr. Fadli Sudria, SE., M.Hum mengatakan,"Orang baik harus mengisi setiap Jabatan Strategis di negeri ini, Baik Legislatif, Eksekutif, maupun Yudikatifnya. 

"Saya berharap mahasiswa yang hadir disini yang bakal menjadi pemimpin di negeri ini kedepannya. Acara seperti ini harus sering dilaksanakan, agar mahasiswa bisa lebih dekat dengan wakil rakyatnya yang ada di DPR/DPRD," Sebut Fadli.

Pantauan dilapangan, Mahasiswa sangat antusias sekali dalam ingin tahu lebih banyak tentang parlemen. Namun karena keterbatasan waktu, hanya beberapa saja pertanyaan mahasiswa yang bisa ditanggapi. Mahasiswa berharap, Ada sentuhan tangan dingin dari legislator untuk kemajuan Mahasiswa/Dosen di IAIN Kerinci. (*)