Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bawaslu Kerinci Sosialisasikan Rekrutmen Pengawas Desa/Kelurahan ke Jajaran Pemangku Wilayah

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Kerinci. Fatrizal. Foto: 064

Kerinciexpose.com - Bawaslu Kabupaten Kerinci melakukan sosialisasi rekrutmen Pengawas Desa/Kelurahan yang dilakukan oleh seluruh Panwascam di Kabupaten Kerinci pada Kamis, (22/12/2022).


Sosialisasi rekrutmen ini merupakan langkah  sosialisasi awal, mengingat petunjuk teknis yang lebih lengkap seperti detail tanggal pendaftaran masih dalam perancangan. 


Tak hanya bertujuan mensosialisasikan tahapan kerja Panwascam berupa rekrutmen Pengawas Pemilu Desa/Kelurahan, sosialisasi dini ini diharapkan segera tersebar di masyarakat secara luas sehingga terjaring potensi-potensi SDM unggul di setiap desa untuk mendaftarkan diri menjadi Pengawas Desa/Kelurahan. 


Ketua Bawaslu Kabupaten Kerinci, Fatrizal mengatakan bahwa kesuksesan Pemilu 2024 secara nasional dimulai dari kesuksesan Pemilu di level desa. Pengawas pemilu Desa/Kelurahan (PDK) merupakan bagian dari penyelenggara pemilu sebagai pengawas pelaksanaan pemilu di tingkat desa. 


“Peran pengawas Desa/Kelurahan adalah peran garda terdepan kesuksesan pemilu 2024,” Kata Fatrizal.


Lebih lanjut, Fatrizal menganalogikan Pengawas Desa/Kelurahan berfungsi sebagai mata, telinga, dan mulut yang mampu menjangkau titik terdekat di masyarakat. 


“Ini menjadi faktor penting demi terwujudnya Pemilu 2024 yang bermartabat dan berintegritas,” ujarnya.


Peran seluruh kepala desa sebagai tokoh masyarakat dan kelembagaan desa di Kabupaten Kerinci tentu tak kalah penting. 


Terkait acara ini yaitu mensosialisasikan rekrutmen Pengawas Desa/Kelurahan di lingkungan desa masing-masing seluruh Kecamatan di Kabupaten Kerinci 


“Maka dari itu, sosialisasi rekrutmen kepada para pemangku wilayah menjadi langkah yang efektif untuk menunjang sosialisasi secara luas,” ungkapnya. (064)