Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siap-siap! Pengawas Desa/Kelurahan di Kerinci Untuk Pemilu 2024 Segera Direkrut

 

Sosialisasi rekrutmen Pengawas Desa/Kelurahan (PDK). Foto: 064

Kerinciexpose.com - Bawaslu Kabupaten Kerinci melalui Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan dalam waktu dekat akan segera merekrut Pangawas Desa/Kelurahan (PDK) yang akan mengawasi seluruh tahapan Pemilu serentak tahun 2024 ditingkat Kelurahan/Desa.


Hal tersebut ditandai dengan adanya sosialisasi rekrutmen panitia Pengawas Desa/Kelurahan dalam Pemilu serentak tahun 2024 oleh Bawaslu Kabupaten Kerinci, Kamis (15/12/2022).


Ketua Bawaslu Kabupaten Kerinci, Fatrizal, menjelaskan bahwa pembentukan Panwaslu Desa/Kelurahan (PDK) untuk Pemilu serentak tahun 2024 tersebut dilakukan dalam waktu dekat oleh Panwaslu Kecamatan dengan kebutuhan 1 (satu) Desa/Kelurahan 1 (satu) orang Pengawas Kelurahan/Desa.


"Untuk Pengawas Desa/Kelurahan (PDK), dengan kebutuhan satu Desa/Kelurahan satu orang pengawas," kata Fatrizal.


Fatrizal menegaskan, agar dalam pembentukan PDK tersebut dilakukan dengan cermat, terbuka, profesional, efektif dan harus sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.


“Untuk itu, Panwaslu Kecamatan maupun Pokja harus mensosialisasikan pembentukan Pengawas Desa/Kelurahan secara intens dan terbuka. Soal waktu, teknis dan tahapannya sedang dilakukan penyusunan,” terangnya.


Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kerinci, Zamhuri menyampaikan bahwa Pengawas Kelurahan/Desa merupakan ujung tombak dari pengawasan Pemilu.


Secara umum indeks kerawanan Pemilu kedepan sangat kompleks, diantaranya netralitas ASN, politik uang, dan keterlibatan kades dan perangkat desa berpolitik praktis. Untuk itu dibutuhkan pengawas yang berkualitas.


“Kedepan harus disosialisasikan secara optimalkan, sebarkan informasi seluas-luasnya. Kedepankan calon PDK yang berkualitas, dan berintegritas,” terangnya. (064)