Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jalan Penghubung Desa Penawar-Koto Baru Hiang Putus

 

Jalan penghubung dua Desa di Kerinci putus. Foto: 064

Kerinciexpose.com - Jalan yang menghubungkan Dua Desa di kecamatan Sitinjau Laut, Kabupaten Kerinci amblas. Jalan yang mengalami amblas tepatnya perbatasan Desa Penawar dan Koto Baru Hiang, Kecamatan Sitinjau Laut. 

Informasi yang berhasil diperoleh amblasnya ruas jalan tersebut pada Senin (23/01/2023) yang lalu, disebabkan gorong – gorong sudah labil dan tanah dibawah tergerus oleh debit air yang cukup deras, sehingga amblas.

Kepala Desa Koto Baru Hiang, Marzal saat dikonfirmasi, membenarkan adanya jalan Kabupaten yang amblas di perbatasan Koto Baru Hiang menuju desa Penawar. Dia mengatakan sepekan yang lalu, cuma separoh jalan yang amblas, jadi masih bisa dilewati oleh sepeda motor dan mobil tanpa muatan.

"Kamis malam (26/01/2023) lalu hujan kembali menguyur Kabupaten Kerinci dan membuat jalan tersebut kembali amblas dan tidak bisa lagi dilewati kendaraan baik roda dua dan empat,"jelasnya.

Marzal menyebutkan, akibat amblasnya jalan tersebut masyarakat terpaksa jalan alternatif ke Simpang Aro untuk ke Sungaipenuh dan desa Penawar. "Jembatan atau gorong-gorong tersebut sudah lama, jadi pantaslah amblas," sebutnya.

Terkait hal tersebut. Pihaknya telah melaporkan ke Bupati Kerinci dan telah di ACC untuk penanganan tanggap darurat Dinas PUPR Kabupaten Kerinci. “Sore ini (30/01/2023) Dinas PUPR Kerinci akan turun cek lokasi, masyarakat berharap ruas jalan tersebut cepat di perbaiki, karena merupakan akses masyarakat dua desa Sitinjau laut dan sekitarnya,"tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kerinci, Maya Novebfri dikonfirmasi mengatakan sudah mendapat laporan dari masyarakat dan sore ini pihaknya sudah turun ke lokasi jalan amblas tersebut.

 "Anggota kita sudah turun cek kelapangan dan koordinasi dengan pemerintah desa, mereka melihat apa yang cocok dibangun disana apakah Box Culvert atau Gorong – gorong. Kalau laporan dan hasil anggota yang turun sudah ada, nantinya kita akan langsung cari tukang untuk kerja, agar jalan itu cepat bisa dilewati warga,"pungkasnya. (064)