Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

1 Tahun Menuju Pemilu, Bawaslu Provinsi Jambi Launching 3 Kegiatan Saat Siaga Pengawasan

 

Siaga pengawasan oleh Bawaslu Provinsi Jambi. Foto: 064

Kerinciexpose.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi menggelar Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024 bersama jajaran Bawaslu Kota Jambi, Panwaslu Kecamatan dan Kelurahan Selasa, 14 Februari 2023. 


Dalam acara tersebut, Bawaslu Provinsi Jambi juga melakukan konvoi pengawasan dan melakukan Soft launching komunitas digital pengawasan partisipatif Jarimu Awasi Pemilu, kemudian Launching Posko Kawal Hak Pilih dan Deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas di Kantor Bawaslu Provinsi Jambi.


Dalam rangka memeriahkan pelaksanaan kegiatan Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024 bersama jajaran Bawaslu Provinsi Jambi Bawaslu Kota Jambi, Panwaslu Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Jambi, melakukan konvoi pengawasan dengan keliling Kota Jambi, yang dimulai dari Kantor Bawaslu Provinsi Jambi menuju ke Bundaran Tugu Juang Sipin Kota Jambi dan kembali ke Kantor Bawaslu di kawasan Broni Telanaipura Kota Jambi.


Ratusan jajaran Pengawas Pemilu berkumpul di Bundaran Tugu Juang, dengan membaca deklarasi Pemilu 2024 damai dan berintegritas oleh Anggota Bawaslu Provinsi Jambi Muhammad Hapis, dan diikuti oleh seluruh jajaran Pengawas Pemilu.


Adapun isi deklarasi tersebut Kami Segenap Elemen Anak Bangsa, Berikrar satu Mewujudkan Pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil; dua Berkomitmen Mendukung Pemilu yang Aman, Tertib, Damai dan Berintegritas; tiga Bijak Dalam Memahami Informasi serta Tidak Memproduksi dan Menyebarkan Berita Hoax dan Ujaran Kebencian; empat Menjaga Persatuan dan Kesatuan Dengan Tidak Menggunakan Politisasi Sara; dan lima Menolak dan Melawan Segala Bentuk Praktik Politik Uang.


Setelah pembacaan deklarasi dilanjutkan dengan pembagian stiker ajakan dan himbauan kepada masyarakat, yang melintas di kawasan bundaran tersebut, dan kembali ke Kantor Bawaslu Provinsi Jambi, yang dikawal langsung oleh aparat Kepolisian dari Polda Jambi dan Polersta Jambi. Serta Tampak hadir Anggota Bawaslu Provinsi Jambi Fahrul Rozi dan Muhammad Hapis, Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Jambi dan jajaran Sekretariat Bawaslu Provinsi Jambi.


Sesampainya, di Kantor Bawaslu Provinsi Jambi acara dilanjukan dengan acara Soft launching komunitas digital pengawasan partisipatif Jarimu Awasi Pemilu, dan Launching Posko Kawal Hak Pilih.


Dalam sambutannya, Anggota Bawaslu Provinsi Jambi Fahrul Rozi mengatakan Siaga Pengawasan ini adalah bentuk keseriusan dan komitmen Bawaslu dalam melakukan tugas pengawasan pada penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang.


“Inilah bentuk kesiapan Bawaslu dalam mengawasi Pemilu pada 14 Februari 2024 sekaligus melaunching komunitas digital pengawasan partisipatif Jarimu Awasi Pemilu dan Posko Kawal Hak Pilih, adalah bentuk kolaborasi yang dilakukan oleh Bawaslu kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam melakukan pengawasan dan melaporkan dugaan pelanggaran ke jajaran Pengawas Pemilu,” ujarnya dihadapan ratusan Pengawas Pemilu.


Selain itu, ia juga mengatakan penyelenggaraan Pemilu adalah tugas kita semua, bukan semata tugas Bawaslu dan aparat kepolisian. “Pemilu adalah tanggung jawab bersama, Bawaslu beserta jajaran, aparat kepolisian dan elemen lainnya hanya membedakan pada tugas dan kewenangan yang diberikan. Jadi momentum satu tahun menuju Pemilu 2024 adalah momentum kesiapan Bawaslu dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang,” kata Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas ini.


Tak sampai disitu, acara dilanjutkan dengan pelepasan balon ke udara dan mengangkat tangan ke atas sambil memegang HP secara bersama-sama serta terakhir dilakukan jumpa pers yang berlangsung di halaman parkir Bawaslu Provinsi Jambi, dihadiri langsung oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Kepala Sekretariat beserta para Kabag dilingkungan Bawaslu Provinsi Jambi serta Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Jambi.


“Kegiatan Siaga Pengawasan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, yang pada hari ini dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Jambi bersama Bawaslu Kota Jambi dan seluruh jajaran adhoc siap untuk melaksanakan pengawasan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024. Pesan ini kita sampaikan kepada masyarakat agar dapat mengetahui dan memahami tugas dan fungsi Bawaslu. Sekaligus dilakukan kegiatan launching komunitas digital pengawasan partisipatif Jarimu Awasi Pemilu dan Posko Kawal Hak Pilih,” ungkap Ketua Bawaslu Provinsi Jambi dihadapan insan pers.


Dalam jumpa pers tersebut, Anggota Bawaslu Provinsi Jambi Fahrul Rozi, S.Sos menambahkan dengan launching komunitas digital pengawasan partisipatif Jarimu Awasi Pemilu dan Posko Kawal Hak Pilih masyarakat dapat pro aktif melaporkan ke Bawaslu melalui aplikasi jarimu awasi Pemilu dan melaporkan apabila masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih ke Posko Kawal Hak Pilih. (064)