Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

41 Pantarlih Danau Kerinci Barat Dilantik dan Apel Siaga Pemilu

 

Apel siaga pemilu oleh Pantarlih Se-Kecamatan Danau Kerinci Barat. Foto: 064

Kerinciexpose.com - Sebanyak 41 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) pemilu 2024 Se-Kecamatan Danau Kerinci Barat, Kerinci resmi dilantik dan mengikuti apel siaga pemilu.


Kegiatan apel siaga oleh Pantarlih Se-Kecamatan Danau Kerinci Barat dilakukan di halaman Kantor Camat Danau Kerinci Barat, Minggu (12/02/2023).


Kegiatan apel siaga pemilu Se-Kecamatan Danau Kerinci Barat dihadiri oleh Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) dan dan staf Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kerinci.


Ketua Panitia PPK Danau Kerinci Barat, Alek Wijaya mengatakan 41 orang Pantarlih Se-Kecamatan Danau Kerinci Barat resmi dilantik hari ini.


“Adapun tugas dari Pantarlih yaitu melakukan coklit door to door atau mendatangi langsung setiap rumah dalam satu TPS,” kata Alek.


Berdasarkan PKPU 7 tahun 2022, Alek mengatakan bahwa pemutakhiran data pemilih dilakukan dengan cara coklit yang dilaksanakan oleh Pantarlih.


“Pantarlih melaksanakan coklit dengan cara mendatangi pemilih secara langsung dan mencocokkan daftar pemilih pada formulir model A-Daftar pemilih dengan e-KTP atau KK, mencatat data pemilih yang telah memenuhi syarat , tetapi belum terdaftar dalam daftar pemilih,” ujarnya.


Tak hanya itu, Pantarlih juga mencatat pemilih yang tidak memiliki e-KTP dengan memberikan keterangan pemilih bahwa tidak memiliki e-KTP.


“Kemudian mencoret data pemilih yang telah meninggal dibuktikan dengan menunjukkan surat keterangan kematian atau dokumen lainnya, menandai data pemilih yang telah pindah domisili ke lain wilayah dan mencoret data pemilih yang ditemukan ganda,” ungkap Ketua PPK Danau Kerinci Barat. (064)