Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Erupsi Gunung Kerinci, 13 Desa Diguyur Hujan Abu Vulkanik

  

Dampak erupsi gunung Kerinci. Foto: 064

Kerinciexpose.com - Aktivitas Gunung Kerinci, pada Jumat (13/02/2023) sedikit mengalami peningkatan dengan terjadinya hujan abu vulkanik. Rumah warga di 13 desa di kaki Gunung Kerinci tersebut dipenuhi abu.

Tidak hanya rumah, lahan pertanian milik warga di wilayah kaki Gunung Kerinci itu juga mengalami kerusakan seperti tanaman seperti Cabe, Kentang, Tomat dan beberapa tanaman sayur.

Dari data dari pos pemantau Gunung api Kerinci mencatat bahwa, terjadi erupsi Gunung Kerinci pada pukul Jum’at sekitar 02:30 wib. Namun, tinggi kolom abu tidak teramati karena malam hari. Kecepatan angin membuat abu masuk kedalam permukiman warga.


Salah seorang warga, Kevin mengatakan bahwa 13 desa yang berada di kaki Gunung Kerinci terdampak abu vulkanik dari aktivitas Gunung Kerinci. 

"Tapi dari 13 itu ada Tiga yang terparah terdampak abu Vulkanik Gunung Kerinci yakni Desa Pasar Baru Pelompek, Desa Pelompek dan Desa Telun Berasap," ungkapnya.

Sisa abu vulkanik itu pun terlihat jelas menempel pada tanaman petani, atap rumah dan kendaraan. Bahkan hujan abu ini membuat warga terganggu dan tanaman warga terancam mati. 

"Jika melihat kondisi dilapangan, banyak tanaman warga yang terancam mati, karna abunya sangat tebal menempel pada tanaman," bebernya.

Untuk menghindari dampak dari abu vulkanik ini, Pemerintah Kecamatan Gunung Tujuh menghimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas diluar rumah, dan mengenakan masker saat berada di luar rumah. (064)