Breaking News

Sunday, April 26, 2020

Mengenal Jenis-jenis Kurma yang Populer untuk Buka Puasa, Mana Favoritmu?

Wanita berhijab memegang kurma. Foto: istimewa
JAKARTA, KE - Makan tiga butir kurma dan minum segelas air putih merupakan sunnah buka puasa yang dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Oleh karenanya kurma pun menjadi buah favorit selama puasa Ramadhan.

Buah kurma ada banyak jenisnya dan masing-masing memiliki kekhasan tersendiri. Mulai dari rasa, tekstur hingga warna.

Yuk, kenal jenis-jenis buah kurma yang populer saat Ramadhan dan tentukan sendiri mana yang paling sesuai dengan selera kamu.

1. Barhi
Kurma Barhi. Foto: iStock
Barhi atau biasa juga ditulis Barhee merupakan salah satu jenis kurma paling populer di Timur Tengah. Kurma berwarna kuning ini memiliki daging yang tebal dan rasa manisnya intens seperti sirup. Seperti dikutip dari Culture Trip, kurma Barhi lebih enak dimakan dalam keadaan segar ketimbang kering.

2. Halawi
Dried dates (fruits of date palm Phoenix dactylifera) on a white background. Foto: istock
Halawi dalam bahasa Arab berarti 'manis'. Kurma ini memiliki rasa manis seperti madu dan ukurannya bervariasi dari kecil sampai medium. Warnanya cokelat keemasan dengan tekstur daging lembut.

3. Khadrawi
Kurma Khadrawi. Foto: istock
Jenis kurma dengan warna merah keemasan ini cocok untuk yang kurang suka makanan manis. Kurma Khadrawi punya tekstur liat, sedikit kenyal dan rasanya tidak terlalu manis dengan sedikit aroma karamel.

4. Medjool
Kurma Medjool. Foto: istock
Kurma Medjool biasanya berukuran besar dan berwarna cokelat kemerahan. Teksturnya lembut, berserat dan agak basah. Kurma ini memiliki rasa manis seperti karamel.

5. Deglet Noor
Deglet Noor. Foto: istock
Punya rasa manis yang lembut, Deglet Noor disebut-sebut sebagai kurma dengan citarasa 'kurma asli' dan cukup populer sebagai makanan buka puasa. Deglet Noor cocok dijadikan campuran makanan lainnya seperti nasi biryani atau nasi mandi. Berwarna cokelat keemasan dan berubah jadi cokelat tua ketika sudah masak.

6. Zahidi
Kurma Zahidi. Foto: istock
Kurma Zahidi punya ciri kulit bertekstur licin, mengkilap dan berwarna kuning keemasan. Daging kurma Zahidi cukup tebal dan memiliki rasa manis yang creamy, hampir seperti sirup, namun kandungan gulanya tidak terlalu tinggi. Orang Timur Tengah banyak menyebutnya sebagai 'kurma mentega'.

7. Sukkari
Kurma Sukkari. Foto: istock
Kurma Sukkari punya tekstur lembut dan mudah dikunyah karena langsung meleleh di dalam mulut. Sukkari termasuk kurma berkualitas tinggi maka dari itu buah ini juga kerap disebut sebagai 'Kurma Royal'. Ciri kurma ini adalah warna cokelat cerah keemasan dan biasanya terdapat lapisan seperti gula pada kulitnya.

8. Ajwa
Kurma Ajwa. Foto: istock

Salah satu jenis kurma premium, kurmaAjwa punya tekstur lembut, juicy, liat dan rasanya tidak terlalu manis. KurmaAjwa punya ciri yang mudah dikenali. Warnanya cokelat tua cenderung hitam dan kulitnya berkerut.

Sumber : Detik.com

No comments:

Post a Comment