Breaking News

Sunday, June 7, 2020

5 Alasan Mengapa Susu Diperlukan pada Setiap Fase Kehidupan

Ilustrasi susu Foto: Dok. Istimewa
Kerinciexpose.com - Susu merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik yang paling mudah diserap tubuh. Dengan kandungan asam amino esensialnya yang lengkap, susu menjadi sumber gizi yang diperlukan pada setiap fase kehidupan karena membawa berbagai manfaat yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari.

Selain kandungan asam amino esensialnya yang lengkap, susu mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin D, zinc dan selenium.

Hal ini dijelaskan Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof. Dr. Hardinsyah, MS yang dihubungi kumparan, Jumat (29/5). Dalam paparannya, Hardinsyah mengatakan, tubuh memerlukan berbagai sumber zat gizi yang tentunya dikonsumsi sesuai dengan pedoman gizi seimbang, termasuk protein hewani salah satunya susu.

Hardinsyah menjelaskan, kandungan gizi pada susu ternyata membawa berbagai manfaat. Mulai dari memperkuat kepadatan tulang hingga menjaga sistem imun. Maka dari itu, berikut ulasan selengkapnya mengenai manfaat susu bagi tubuh kita. Yuk, disimak!

1. Menunjang kinerja otak

Pada fase 1000 hari pertama kehidupan, protein hewani --termasuk susu-- berperan penting dalam perkembangan otak yang memengaruhi kemampuan kognitif dan intelektual pada masa mendatang. Oleh karena itu, asupan protein hewani dibutuhkan untuk mencegah terjadinya stunting di kemudian hari.

“Dalam susu terkandung vitamin B12 dan asam lemak B6, serta B9 yang penting untuk kinerja saraf di otak sehingga bisa berfungsi secara maksimal,” ujar Prof. Hardinsyah.

Bahkan University of Kansas Medical Center pada tahun 2015 juga meneliti soal manfaat susu dalam mencegah Alzheimer dan Parkinson. Penelitian tersebut menunjukkan, adanya pengaruh minum susu tiga gelas sehari dalam meningkatkan jumlah asupan antioksidan alami tubuh. Kemudian, antioksidan tersebut bekerja dengan meminimalkan kerusakan pada sel-sel otak akibat radikal bebas.

2. Memperkuat tulang

Menurut Prof. Hardinsyah, dalam segelas susu menyediakan sekitar 40-50 persen kebutuhan kalsium dan vitamin D yang penting untuk tulang. Tak hanya itu, Kolagen yang terkandung dalam segelas susu berfungsi untuk mempertahankan kepadatan tulang, sehingga tak mudah patah dan keropos di kemudian hari.
  
Dengan rutin mengonsumsi susu sejak dini, selain memperkecil peluang patah tulang, juga dapat memperlambat serangan osteoporosis. 

3. Membentuk otot

"Kalau kita lihat dari zat-zat yang ada dalam susu, seperti asam amino, yang merupakan protein untuk membentuk otot. Itulah mengapa, orang-orang di pusat kebugaran selalu minum susu whey protein yang punya komposisi asam amino untuk membentuk ototnya supaya jadi lebih besar," terang laki-laki kelahiran Pekanbaru itu.
  
Selain itu, penelitian dalam European Journal of Sport Science tahun 2019, juga mengungkapkan susu dapat mengurangi rasa nyeri pada otot pasca-latihan. Itulah mengapa, susu dapat menjadi post-workout nutrient untuk mereka yang aktif berolahraga.

4. Menambah energi

Tak hanya menunjang kinerja otak, tulang hingga otot, susu juga bisa menjadi minuman penambah energi kala tubuh lemas dan tak bersemangat. Ini karena, susu turut mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang bisa membantu kita jadi merasa bertenaga kembali.

Agar sesuai dengan kebutuhan tubuh, kamu perlu mengonsumsi susu sesuai dengan takaran aktivitas harianmu. Terutama bagi mereka yang masih dalam usia produktif tentu membutuhkan banyak energi untuk beraktivitas, sehingga juga membutuhkan lebih banyak asupan susu harian. 

“Siapa saja yang rutin minum susu, segelas susu itu bisa menyediakan hampir 1/5 kebutuhan protein kita. Kemudian ada energi yang berasal dari karbohidrat, protein, dan lemak yang bisa membuat kita bertenaga. Kalau rata-rata kebutuhan orang Indonesia 2.000 kalori, satu gelas susu itu bisa menyumbang 10 persen kebutuhan energinya,” tambahnya.

5. Menjaga imunitas

Dengan kandungan asam amino esensialnya yang lengkap serta vitamin dan mineral, susu turut berkontribusi dalam menjaga sistem imun. "Susu mengandung zinc, vitamin B6, B9, B12, dan vitamin D yang juga membantu dalam meningkatkan sistem imun," kata Prof. Hardinsyah.
  
Selain beragam manfaat susu yang telah dijelaskan, untuk mendapatkan kondisi tubuh yang optimal tentunya kita perlu mengonsumsi zat gizi yang beragam sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Selain itu, kita juga perlu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk membentuk keluarga Indonesia yang sehat dan kuat.

"Jadi, susu turut membantu supaya orang tulangnya jadi kuat, berotot, otaknya berfungsi baik, dan bertenaga, tapi bukan satu-satunya asupan. Harus dibantu dengan asupan lainnya juga," tutup Prof. Hardinsyah.

Sumber : Kumparan

No comments:

Post a Comment