Breaking News

Tuesday, July 14, 2020

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Semua Wilayah Jambi

Hujan lebat terjadi di sejumlah wilayah di Jambi beberapa hari terakhir. Foto: BMKG
KERINCIEXPOSE.COM - Badan Metereologi Klimatolgi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Metereologi Kelas I Sultan Thaha Jambi meminta masyarakat Jambi mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang di Provinsi Jambi.

BMKG mencatat potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di seluruh wilayah di Provinsi Jambi. Berdasarkan prakiraan BMKG, kondisi ini bisa terjadi hingga Jumat 16 Juli mendatang.

Kasi Data dan Informasi BMKG Jambi, Kurnianingsih mengatakan, sirkulasi siklonik terpantau di Kalimantan Barat bagian Barat yang mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah siklonik.

Kemudian, daerah perlambatan kecepatan angin/konvergensi terpantau memanjang di Pesisir Barat Aceh, di Pesisir Barat Sumatera Barat, Bengkulu, dari Kalimantan Barat bagian Utara hingga Kalimantan Utara.

"Kondisi tersebut menyebabkan potensi terbentuknya awan-awan hujan di wilayah Provinsi Jambi," kata Kurnianingsih dilansir dari kumparan.com, Selasa (14/7).

Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan kondisi ini. "Seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang."

No comments:

Post a Comment