Breaking News

Tuesday, September 1, 2020

5.100 Pelajar di Jambi Dapat Bantuan Kuota Paket Internet Gratis

Penyerahan secara simbolis bantuan paket internet oleh Gubernur Jambi di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Foto: Hms
KERINCIEXPOSE.COM - Dalam rangka mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sebanyak 5.100 kuota paket internet gratis dibagikan kepada siswa-siswi, mahasiswa, guru, dan dosen di Provinsi Jambi.

Paket internet gratis tersebut merupakan kerja sama dengan PT XL Axiata dan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informasi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) Peduli Pendidikan.

Gubernur Jambi, Fachrori Umar menyerahkan secara simbolis bantuan paket internet untuk pelajar di SMK Negeri 1 Kota Jambi, Selasa (01/9).

"Bantuan paket internet yang diberikan agar dapat membantu kemudahan akses internet melakukan PJJ bagi siswa/i di tengah kondisi pandemi COVID-19, dan diharapkan bisa mendukung pencapaian tugas belajar dan menengajar di rumah," jelasnya.

Dalam pembelajaran di masa Pandemi COVID-19, pemerintah berkomitmen membantu penyedian paket kuota internet gratis bagi siswa-siswi dan mahasiswa serta para guru dan dosen sampai akhir tahun 2020.

"Untuk itu, saya minta Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi bergerak cepat untuk memastikan kepala sekolah terkait pendataan kuota internet gratis bagi para siswa, nantinya agar dimasukan dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik),” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Gubernur Jambi menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jambi untuk menyesuaikan anggaran tahun 2020 dan menyiapkan anggaran tahun 2021 untuk mendukung kemudahan bagi siswa-siswi dalam melakukan PJJ.

"Segera distribusikan paket internet gratis sebanyak 5.100 paket kepada penerima yang berhak untuk mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Provinsi Jambi," tambahnya.

Selain itu, Fachrori mengajak para wali murid, pihak sekolah, dan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi serta Dinas Kominfo Provinsi Jambi agar mengawasi penggunaan kouta internet gratis ini betul-betul untuk mendukung PJJ.

”Pada kesempatan ini, saya mengimbau kepedulian sosial kita bersama melalui pemberian hand phone (hp) kepada siswa yang tidak mampu agar bisa tetap mendapatkan pembelajaran dan menggapai cita-cita yang gemilang dalam pembelajaran situasi pandemi COVID-19,” ungkap Fachrori.

“Hari ini kita bagikan paket internet agar bisa belajar jarak jauh, untuk itu pergunakanlah internet ini sebaik mungkin, sehingga kegiatan belajar dan mengajar bisa terlaksana dan berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan,” pungkas Gubernur Jambi.

Sementara itu, Area Manejer PT XL- Axiata Jambi, Haris Alparizi menyampaikan, XL-Axiata senantiasa berkomitmen ikut berpartisipasi mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia. 

“Pada hari ini, XL-Axiata secara serentak menyerahkan paket internet gratis, dilaksanakan di 28 provinsi se-Indonesia dan 10 provinsi se-Sumatera, termasuk salah satunya Provinsi Jambi," sebutnya. 

Sebanyak 260.450 pieces secara nasional paket internet dibagikan, memang tidak semua daerah punya akses smart phone ataupun koneksi internet yang baik, ini merupakan suatu hal yang menantang.

Namun, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama kedepan, memastikan sekolah bisa menyelenggarakan pembelajaran daring. Selain itu, siswa-siswi dapat menemukan berbagai aplikasi pembelajaran daring yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran di rumah.  

"Kemudian ada surat edaran, panduan, serta kumpulan informasi, video, dan infografis yang dapat membantu edukasi pencegahan penularan COVID-19,” pungkasnya. (red)

Sumber : Kumparan

No comments:

Post a Comment