Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Pendidikan Agama dan Adat? Ini yang akan dilakukan Zainal-Arsal


Kerinci. KE

Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kerinci nomor urut 3, Zainal Abidin dan Arsal Apri memang telah memiliki konsep yang matang untuk membangun Kerinci. 

Pasalnya, semua pertanyaan yang dilontar dalam debat kandidat, langsung dilahap dengan tepat, tegas dan padat. 

Menjawab pertanyaan satu kali lipat tentang informasi dan teknologi saat ini, ternyata Zainal Abidin sudah jauh jauh hari melakukan hal itu. 

Dikatakan Zainal Abidin, ia membangun Pondok Pesantren di Koto Iman, kemudian mendorong dan mendukung pesantren di Pentagen hingga saat ini anak dini yang sudah banyak yang hafal Alquran. 

"Kita akan kembalikan Kerinci ini menjadi kota santri, dulu warga di luar Kerinci menuntut ilmu di Kerinci, sekarang kita kembalikan itu, solusi sudah kita lakukan jauh hari," tegas Zainal Abidin ada debat publik Pilkada Kerinci.

Peranan guru mengaji kata Zainal juga harus diberikan sepenuhnya. Tujuannya agar anak anak bisa belajar tajwid sampai bisa menjadi qori dan qoriah.

"Selama ini pada MTQ kita berada di urutan terakhir, maka ini perlu untuk segera ditindaklanjuti, kita akan melakukan itu bersama-sama. Kami masih terus berjuang untuk menjadi orang-orang, kami ingin agar nama-nama ini terus meningkat." "tukasnya. 

Sementara itu, untuk budaya dan adat istiadat Kerinci. Zainal Abidin juga memiliki program yang luar biasa untuk adat Kerinci. 

Dirinya mengaku akan membangun rumah adat untuk depati 8 helai kain dan depati 4 alam Kerinci sebagai wadah untuk menyatukan anak-anak jantan dan anak-anak Butino Kerinci. 

"Peran adat ini harus kita berikan, kita akan menerima intensif untuk adat di Kerinci, seperti guru dijual ngaji, kita juga akan subsidi kenduri sko di desa-desa," jelasnya. (064)