Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Momen Petugas Bandara China Periksa WNI, Dikira Bawa Sabu Ternyata Tepung Sagu

 

Tepung sagu dikira sabu. (Foto: @acix7/TikTok)







KERINCIEXPOSE.COM - Dicurigai membawa sabu, seorang warga negara Indonesia (WNI) terpaksa harus menjalani pemeriksaan ketat oleh petugas imigrasi bandara Guangzhou, China. Pemeriksaan itu bahkan berlangsung lama lantaran ia membawa setidaknya tujuh bungkus yang dicurigai petugas bandara sebagai sabu.


Momen tersebut dibagikan Abdul Azis lewat akun @acix7 di TikTok pada (17/12/2020). Dalam video berdurasi kurang dari semenit tersebut, tampak petugas bandara yang mengenakan pakaian ADP lengkap tengah memeriksa barang bawaan Azis. 


Kardus yang dibawa Azis pun dibuka oleh petugas bandara. Terlihat tumpukan bungkusan berwarna putih berada di dalamnya. Sambil menonton petugas memeriksa barang bawaannya, Azis dan teman-temannya pun tertawa.


“Pas sampai di Bandara Guangzhou, China, tepung kanji dia kira sabu-sabu kali sampai dibongkar untuk memastikan,” kata Azis menjelaskan unggahannya. 

Tepung sagu dikira sabu. (Foto: @acix7/TikTok)







Penasaran dengan isi dari bungkusan tepung sagu tersebut, petugas sampai membuka salah satu bungkusan. Setelah memeriksa teksturnya, barulah didapati benda tersebut bukanlah sabu. 


Meski akhirnya hanya bisa mengamati barang-barangnya diacak-acak, Azis tak marah. Ia bisa memaklumi bahwa petugas bandara hanya sekadar menjalankan tugas mereka untuk menjaga keamanan. 


“Mau diapa kalau hobi kapurung, ki,” kata Azis sambil membubuhinya dengan emotikon tertawa.


Konon, tepung sagu tersebut nantinya bakal digunakan untuk membuat kapurung. makanan khas tradisional Sulawesi Selatan. Berbahan dasar tepung sagu biasanya kapurung dimasak dengan campuran ikan atau ayam serta aneka sayuran. 


Kini unggahannya pun viral, ditonton hingga lebih dari 200 ribu kali dan disukai oleh 18 ribu orang. Beragam komentar diberikan warganet, kebanyakan yang merasa terhibur dengan kesalahpahaman tersebut. 

“Bukan sabu-sabu jadinya sagu-sagu,” sebut akun @sarabeautyana. 


“Habis itu buatkan kapurung dan ajak mereka pesta kapurung gaes,” tutur akun @windi1982. 


“Bapakku juga gitu pas mau pergi berlayar, pasti bawa sagu dari kampung,” kata akun @shxxbi127.


Sumber: Kumparan