Pleno Rekapitulasi PPK 8 Kecamatan Sungai Penuh Selesai, Ahmadi-Antos Unggul Telak

 

KERINCIEXPOSE.COM - Terjawab sudah siapa pemenang Pilwako Sungaipenuh 2020. Hasil pleno Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) delapan kecamatan yang rampung tadi malam, menguak gambaran pemenang Pilwako Sungaipenuh 2020. Meski masih menungg pleno KPU, pemenangnya sudah bisa dipastikan duet Ahmadi Zubir-Alvia Santoni.

Pleno KPU yang rencananya digelar Selasa (15/12) banyak yang menilai tinggal ketok palu, pengesahan pemenang. Sebab, dari hasil Pleno PPK delapan kecamatan, Paslon 01 Ahmadi Zubir-Alvia Santoni unggul meraup 28.530 suara. Sedangkan rivalnya Fikar Azami-Yos Adrino kebagian 27.065 suara dari 55.595 suara sah yang masuk.

Selisih suara kedua paslon ini cukup signifikan, 1.465 suara.  Suara yang diperoleh ini minus Desa Cempaka yang menurut jadwal pemilihannya dilanjutkan Minggu (13/12). Jikapun suara satu TPS di Cempaka ini masuk, tidak begitu mempengaruhi hasil perolehan suara kedua paslon.

Menariknya, paslon 01 yang diusung PPP-PDIP-Berkarya ini unggul di Kecamatan Pondoktinggi 5.754 suara sedangkan Fikar-Yos 3.858. AZAS juga menang telak di basis Ahmadi Pesisir Bukit meraup 5.680 suara sementara Fikar-Yos 1.939. AZAS juga unggul di Hamparan Rawang 4.985 suara dan FIkar –Yos 4.403 suara ini minus Desa Cempaka.

Sementara Kecamatan Koto Baru Ahmadi-Antos juga cukup perkasa di kawasan yang sempat terjadi konflik tersebut. AZAS mendulang 3.276 suara sementara Fikar-Yos 1.715 suara.

Sedangkan duet dengan tagline Muda Membangun unggul di basis utamanya Kecamatan Tanah Kampung dengan jumlah suara fantastis 5.207 suara dan Ahmadi-Antos 1.280 suara dan Kumun Debai Fikar-Yos juga unggul 4.155 suara sedangkan Ahmadi-Antos berhasil menggaet 2.220 suara.

Sementara Basis Yos Adrino Kecamatan Sungai Bungkal duet Fiyos juga unggul tipis 3.121 suara, sedangkan Ahmadi-Antos 2.838. Uniknya, AZAS berhasil menggerogoti basis Yos Adrino di Desa Sumur Anyir dengan angka fantastis 552 sedangkan Fikar-Yos 433. Jika duet dengan 20 kursi di DPRD Sungaipenuh itu bisa unggul di Sumur Anyir, ceritanya akan lain…?

Fikar-Yos juga tampil gemilang di Kecamatan Sungapenuh dengan merebut 2.497 suara sedangkan Ahmadi-Antos 2.666 suara. Beda tipis memang 169 suara. Fiyos berhasil mendulang suara telak di Kelurahan Pasar Sungaipenuh.

Anggota KPU Kota Sungaipenuh Fadli Khairon dikonfirmasi mengatakan keputusan pemenang Pilwako Sungaipenuh ditetapkan pada pleno KPU yang akan digelar Selasa (15/12). Rencananya, Pleno KPU akan digelar di Hotel Mahkota.

“Keputusan siapa yang unggul nanti pada Pleno KPU,” kata Fadli Khairon.

Sementara itu Ketua DPC PPP Kota Sungai Penuh Andi Oktavian, SE menilai dari awal hasil  real count sudah terlihat jelas bahwa Ahmadi-Antos unggul. Hitungan yang kita lakukan tidak meleset karena angka jelas dan sulit untuk dikejar.

“Data C1 dari kemaren sudah kita terima dan hasilnya sesuai, Kita tetap menunggu hasil resmi dari Pleno KPU. Namun, dia menghimbau simpatisannya untuk tetap tenang, hanya tinggal ketok palu KPU,” kata ketua DPC PPP Kota Sungai Penuh ini. (064)