Tips Turunkan Berat Badan 40 Kg ala Influencer Kania Dachlan



KERINCIEXPOSE.COM - Influencer sekaligus blogger, Kania Dachlan, berhasil menurunkan berat badannya hingga 40 kg. Usaha yang dilakukannya selama hampir setahun ini tentu tidak mudah dijalani. Banyak suka dan duka yang dirasakan sampai akhirnya Kania dapat mencapai keberhasilannya ini.


Meski berat untuk dijalani, Kania mengakui bahwa manfaat yang didapatkan sangat banyak seperti, menstruasi yang lancar, jerawat berkurang, dan tubuh menjadi lebih fit. Karena itu, Kania menjadikan diet ini sebagai jalannya menuju pola hidup lebih sehat. Menurut Kania, beratnya yang berhasil turun mencapai 40 kg itu hanyalah sebuah bonus, yang paling terpenting untuk dirinya sekarang adalah kesehatan.


Apakah kamu penasaran dengan tips diet ala Kania Dachlan? Untuk mengetahuinya, Simak di bawah ini ya!


1. Jangan stres


Pikiran termasuk ke dalam hal yang cukup berpengaruh saat menjalani program diet. Ketika pikiran kamu terganggu dan akhirnya berujung pada stres yang berlebih, itu bisa menjadi hambatan untukmu menurunkan berat badan. 


Menurut Kania, menjalankan program diet ini harus dengan hati yang senang dan tidak perlu bertanya-tanya mengapa bobot badan tidak turun. Juga, penting sekali untuk diingat bahwa kamu melakukan ini untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat dari sebelumnya. Bila kamu memikirkan untuk mendapatkan hidup yang sehat dengan hati senang, maka diet akan terasa lebih mudah untuk dijalani.


2. Jangan fokus ke timbangan


Angka pada timbangan sering kali dijadikan oleh sebagian orang yang sedang berjuang untuk diet sebagai patokan. Oleh sebab itu, banyak sekali pejuang diet yang mudah menyerah ketika melihat angka di timbangan yang tak kunjung turun. 


Hal ini yang juga membuat Kania mengingatkan untuk pejuang diet di luar sana agar jangan fokus pada timbangan. Karena bisa jadi bobot badan kamu yang tidak berkurang didasari oleh lemak yang menjadi otot.

 

"Udah olahraga yang rutin tapi kok gak turun ya, padahal bisa jadi emang lemak menjadi otot sehingga bobot badan akan sama saja. Hal yang seperti itu aku hindari supaya aku gak fokus di timbangan. Jadi mungkin aku lebih fokus ke lingkar jeans ya, karena lingkar gak akan bohong," tambah Kania.


3. Defisit kalori


Kunci utama dari tips ala Kania Dachlan berada pada poin ke-3 ini yaitu defisit kalori. Defisit kalori sendiri adalah salah satu cara menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan kalori harian. Menurut Kania, defisit kalori inilah yang membuatnya menjadi lebih sehat dalam mengatur pola makan. 


Diakui oleh Kania bahwa dirinya sudah tidak lagi mengkonsumsi nasi, ia biasanya akan mengganti nasi dengan kentang atau sayuran yang banyak. Kania juga mengurangi makanan yang memiliki kandungan garam dan gula, ia lebih fokus untuk mengkonsumsi buah atau protein.


4. Mengurangi liquid kalori


Liquid kalori adalah metode diet dengan mengkonsumsi cairan atau minuman. Pengalaman Kania mengatakan bahwa mengurangi liquid kalori adalah hal yang perlu diperhatikan. 


Kania mengartikan liquid kalori ini dengan minuman seperti boba, kopi, dan teh yang kebanyakan mengandung gula. Memang metode ini cukup sulit dilakukan karena pasalnya banyak di antara pejuang diet yang masih sulit mengurangi minuman-minuman seperti ini. Tapi itu semua menjadi sebuah proses, tidak perlu instan cukup lakukan secara bertahap.


5. Olahraga yang rutin


Sudah pasti cara menurunkan berat badan adalah dengan melakukan olahraga yang rutin. Tak hanya menurunkan berat badan, olahraga yang rutin juga bisa menjadikan salah satu cara untuk hidup sehat. 


Bila tidak terbiasa melakukan olahraga berat, kamu dapat melakukan olahraga ringan seperti yoga atau jalan santai. Kania sendiri bercerita bahwa awalnya ia hanya melakukan olahraga ringan lalu pelan-pelan ketika berat badannya semakin menurun, Kania mencoba melakukan olahraga berat seperti muaythai. Setidaknya setiap hari lakukan kegiatan ini walaupun hanya 1-2 jam per harinya. 


"Aku pelan-pelan dulu, yang awalnya olahraga cuman untuk senang-senang sambil ngobrol. Sekarang udah bisa fokus jalan santai satu jam atau satu jam setengah. Tapi itu semua proses, jangan terlalu ngepush diri terlalu banyak," ungkapnya.


6. Minum air putih


Selain menurunkan berat badan, rutin meminum air putih akan membantu kamu menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Manfaat air putih juga dirasakan oleh Kania. 


Kania bahkan berpesan untuk mencintai air putih dan selalu menyiapkan air putih dimanapun kondisinya. Dan perlu diingat bahwa takaran untuk meminum air putih pada setiap orangnya berbeda-beda tergantung bobot badan yang dimiliki. Rumusnya cukup membagi bobot badan kamu dengan 30, misalnya bobotmu 50kg kemudian dibagi 30, berarti takaran air putih yang harus terpenuhi setiap harinya adalah 1,6 liter.


7. Tidur 8 jam sehari


Kania mengakui poin ini cukup berat untuk dilalui sebab dirinya selalu overthinking. Tapi sebisa mungkin ia menerapkan pola tidur minimal 8 jam sehari agar nafsu makan akan lebih berkurang dibandingkan dengan begadang. 


"Kalau begadang, nafsu makan jadi lebih meningkat. Jadi ini (pola tidur 8 jam) benar-benar berpengaruh banget sih," ungkap Kania.


8. Cari alasan dietmu sendiri


Kania selalu mengingatkan bahwa kesehatan itu penting untuk diri sendiri. Sebab itu kamu perlu memastikan terlebih dahulu alasanmu melakukan program diet ini untuk apa. Apakah untuk diri sendiri atau hanya sekadar fisik semata? 


Seperti Kania, dirinya menjalankan program diet ini setelah mengalami gangguan hormon hingga dirinya tidak menstruasi selama tiga bulan. Mulai dari itu, ia berusaha memaksimalkan pola hidup sehat yang akan membuat dirinya dapat hidup lebih lama bersama orang yang disayanginya.


"Semoga kamu berjuang diet untuk diri sendiri dan kesehatan. Juga, untuk orang-orang yang kamu sayangi supaya bisa hidup lebih lama bersama mereka. Semoga alasannya bukan karena ingin terlihat kurus atau cantik, karena kalau tujuannya hanya untuk fisik, akan ada waktu dimana kamu merasa bosan saat sudah mencapai achievenya. Jadi, semoga kamu mempunyai alasan yang tepat supaya gak bosen untuk melakukan diet dan hidup lebih sehat," tutup Kania

Sumber: Kumparan