Infrastruktur

 

Musri Nauli 

Belum genap dua bulan, Al Haris sebagai Gubernur Jambi tidak menunggu lama. Langsung tancap gas. Sembari mulai dan pelan-pelan mewujudkan mimpinya. 

Beberapa hari yang lalu, keinginan Al Haris untuk memperjuangkan Pelabuhan Ujung Jabung diwujudkan. Dengan semangat mengejar ketertinggalan sekaligus tempat ekspor hasil pertanian, pelabuhan Ujung Jabung adalah kebutuhan yang mendesak. 

Beberapa waktu yang lalu, Al Haris berjanji akan memperjuangkan sendiri program Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung. 

Dan akhirnya kemudian Al Haris langsung bertemu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI (PUPR RI) Ir M Basuki Hadimoeljono MSc PhD. 

Dihadapan Menteri PUPR RI, Al Haris mempresentasikan teknis Pembangunan sekaligus daya dukung Pembangunan menuju Pelabuhan Ujung Jabung. 

Sebagaimana diketahui, Program Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung adalah program yang disusun didalam Visi-Misi Jambi Mantap Gubernur-Wakil Gubernur Jambi 2021-2024. 

Didalam Prioritas kedua angka 10 disebutkan “Mendorong percepatan Pembangunan Kawasan 
Industri Ujung Jabung”. 

Program ini kemudian berkaitan dengan Prioritas 4 angka 6 menyebutkan “Percepatan pembangunan jalan dan infrastruktur penunjang menuju Pelabuhan Ujung Jabung. 

Untuk mendukung Percepatan Pembangunan jalan dan infrastruktur penunjuang menuju Pelabuhan Ujung Jabung dapat dilihat didalam program Prioritas 4 angka 7 Program Visi-Misi Jambi Mantap Gubernur-Wakil Gubernur Jambi 2021-2024

Maka yang harus dilakukan adalah “Fasilitasi Percepatan Status Pelabuhan Ujung Jabung menjadi Tol Laut Indonesia”. 

Kepentingan Pembangunan jalan dan infrastruktur penunjang menuju Pelabuhan Ujung Jabung dalam rangka Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung sebagai tol laut Indonesia dalam rangka sebagai mendukung perekonomian global. 

Sehingga akan menciptakan dan berdampak terhadap harga komoditi unggulan Provinsi Jambi seperti Migas, Batubara, Crude Palm Oil (CPO), Karet dan Kelapa Dalam.

Dengan demikian maka  Kondisi ini berdampak pada pendapatan masyarakat yang sekitar 65 persen berada di sektor pertanian dan perkebunan yang pada gilirannya berdampak pada daya beli masyarakat. 

Begitu strategisnya Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung, maka kepentingan Al Haris mewujudkannya adalah bagian dari program yang telah disusun didalam visi-misi Jambi mantap. 

Dan kita terus memberikan dukungan agar program-program yang langsung berdampak terhadap perekonomian daerah dapat direalisasikan. 

Selamat bertugas, Pak Gubernur.