Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Manfaat Zumba untuk Kesehatan Ibu

 

Ilustrasi zumba. Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO

Kerinciexpose.com - Olahraga sangat penting Di tengah kesibukan mengurus rumah tangga dan bekerja. Seiring usia yang bertambah, Anda perlu menggerakkan tubuh supaya kesehatan dan kebugaran tetap terjaga.

Salah satu olahraga yang mungkin jadi favorit kaum hawa adalah zumba. Olahraga yang terinspirasi dari tarian ala Amerika Latin ini biasanya dilakukan secara berkelompok. Selain itu, zumba juga diiringi dengan lagu yang atraktif dan bertempo cepat, sehingga semua pesertanya makin semangat mengikuti gerakan dari instruktur.

Nah Moms, masih ragu untuk mencoba olahraga zumba? Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari zumba sebagaimana dikutip dari Healthline.

Manfaat Zumba untuk Kesehatan

1. Latihan untuk Seluruh Tubuh

Zumba didesain sebagai kombinasi antara tarian salsa dan aerobik yang melibatkan seluruh anggota tubuh. Jadi, hampir semua anggota tubuh Anda ikut bergerak hanya dalam satu jenis olahraga.

2. Membakar Kalori

Sebuah studi pada tahun 2012 menemukan bahwa kelas zumba standar selama 39 menit dapat membakar 9,5 kalori per menit. Itu artinya, Anda dapat membakar kalori kurang lebih sebanyak 370 kalori hanya dalam waktu kurang dari 1 jam.

American Council on Exercise merekomendasikan agar individu membakar 300 kalori setiap satu sesi olahraga untuk menurunkan berat badan dan mempertahan berat badan yang ideal. Jadi, zumba bisa menjadi olahraga yang cocok untuk Anda yang punya masalah berat badan, Moms.

3. Membangun Ketahanan Tubuh

Sebuah studi menemukan bahwa setelah 12 minggu mengikuti zumba, peserta mengalami penurunan denyut jantung dan tekanan darah sistolik. Selain itu, mereka juga mengalami peningkatan yang signifikan dalam kebugaran aerobik. Hal itu dipengaruhi oleh gerakan zumba yang relatif cepat yang dapat membantu membangun ketahanan tubuh.

4. Meningkatkan Kebugaran Kardiovaskular

Zumba dapat membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Sebuah studi menunjukkan bahwa peserta zumba memiliki kemampuan denyut jantung maksimal (HR max) yang mencapai 79 persen dan tingkat maksimal oksigen yang digunakan tubuh (VO2 Max) mencapai 66 persen. Adapun standar minimal HR max adalah 64 persen, sedangkan VO2 Max adalah 40 persen.

5. Meningkatkan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, zumba dapat membantu untuk menurunkannya, Moms. Sebuah studi pada tahun 2015 menunjukkan bahwa peserta zumba dapat menurunkan tekanan darahnya setelah mengikuti 17 sesi zumba.

6. Sebagai Momen Interaksi Sosial

Sebagai seorang ibu, Anda mungkin butuh berinteraksi dengan sesama ibu lainnya sebagai wadah untuk berbagi dan saling mendukung satu sama lain. Nah, ikut klub zumba mungkin bisa menjadi pilihan, Moms. Menurut American College of Sports Medicine, olahraga berkelompok tidak hanya memberikan manfaat kesehatan, tetapi juga bisa menjadi ruang untuk bersosialisasi.

Sumber: Kumparan.com