Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ribuan TKI dari Malaysia Akan Dipulangkan via Batam

Pemeriksaan penumpang yang baru tiba di pelabuhan Kualatungkal. Foto: Tra/Jambiseru.com
KERINCI, KE - Dengan diberlakukannya Lockdown oleh pemerintah Malaysia, maka Ribuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ada di Malaysia akan dipulangkan. Para TKI ini akan dipulangkan ke Indonesia melalui Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam, Azril, mengatakan, Pemulangan TKI ini dimulai sejak Sabtu (28/3/2020) lalu. Pemulangan akan dilakukan secara bertahap.

“Mulai hari Sabtu (28/3) kedatangan dari Singapura dan Malaysia, khususnya tenaga kerja Indonesia,” katanya dilansir Antara, Minggu (29/3/2020).

Baca Juga : Update Data Pasien Positif Corona, Jakarta Tertinggi dan Jambi Terendah

Ia mengatakan, setiap TKI atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tiba pada Minggu (29/3/2020) langsung didata dan di cek kesehatannya di pelabuhan. Berbeda dengan kedatangan PMI sebelumnya, yang langsung dibawa ke Asrama Haji Batam untuk didata dan di cek kesehatan.

PMI yang merupakan warga Batam diizinkan untuk kembali ke rumah untuk melakukan isolasi mandiri.

“Yang transit dan hari itu juga melakukan perjalanan ke tempat asal akan dihubungi daerah asalnya untuk dikoordinasikan pemantauannya,” kata Azril yang juga Kepala Dinas Kominfo Kota Batam.

Baca Juga : Komunitas Pejuang Subuh Ajak Umat Islam Salat Tahajud, Doakan Corona Berlalu

Sedangkan PMI yang transit tapi masih menunggu jadwal keberangkatan, maka ditampung di Asrama Haji Batam. Kesehatan seluruh PMI tersebut, kata dia, akan dipantau di daerah asalnya.

Sebanyak 1.322 PMI tiba di Batam pada Sabtu, yaitu melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre 1.103 orang dan Pelabuhan Harbour Bay 219 orang. Sebanyak 16 orang di antaranya menginap di Asrama Haji. Semuanya tidak memiliki gejala sakit. (tra) Jambiseru.com