Breaking News

Tuesday, June 9, 2020

Peluang dan Kekuatan Balon Wawako Sungai Penuh! ini Kata Pengamat Politik UNES

Pengamat Politik UNES Dr. (c) Riswanto Bakhtiar, M.Ap (doc/ist)
KERINCIEXPOSE.COM - Akhir-akhir ini kandidat yang muncul untuk bakal calon Walikota Sungai Penuh bermunculan di jejaring media sosial facebook dari partai PAN muncul Yos Adrino, PDIP muncul nama Hardizal, baru-baru ini muncul lagi nama Kader dari PKS yaitu Feri Satria, hal ini membuat pengamat Politik UNES Riswanto angkat bicara mengenai peluang dan kekuatan dari masing - masing kandidat.

Kepada Media ini selasa, (09/06) Dr. (c) Riswanto Bachtiar, M.Ap mengatakan Kita sangat mengapresiasi atas munculnya 3 balon wakil walikota dari wilayah yang disebut dengan 3D (Sungai Penuh, Dusun Baru dan Pondok Tinggi). 

"Sesuatu yang biasa dalam politik jika banyak muncul bakal calonnya, karena ini namanya juga pesta demokrasi, kalau tidak ramai ya tidak asyik," kata riswanto putra asli Kerinci yang kini berkiprah di Padang Sumatera Barat. 

Baca Juga : Tantangan Baru, Pilkada Serentak 2020 di tengah Pandemi Covid19

Walaupun pada akhirnya kita harus menentukan sikap untuk memilah dan memilih sesuai dengan apa yg kita yakini bisa membawa perubahan dan pembangunan kedepannya. Kalau kita melihat sekarang muncul 3 balon yang mudah-mudahan akan didaftarkan dan ditetapkan kpud kota sungai penuh sebagai calon walikota dan calon wakil walikota sungai penuh 2021-2024. 

Menarik utk dilihat adalah 3 cawawako ini, yang kita ketahui sama-sama memiliki basis yang sama. "Kalau melihat track record sebelumnya 2 kandidat sdh pernah bertarung otomatis tidak diragukan lagi kemungkinan akan meraup suara," jelasnya. 

Satu yang menarik adalah munculnya kandidat baru yang bisa menjadi kuda hitam di 3D yaitu Hardizal yang juga tidak bisa kita abaikan kemampuan untuk mendulang suara, kita mengetahui beliau adalah politisi yg pernah menjadi anggota DPRD kota Sungai Penuh dan masih menjabat ketua DPC PDIP Kota Sungai Penuh. 

"Untuk melihat peluangnya kita meyakini ke 3 nya memiliki peluang yg sama karena basis mereka sama, tinggal bagaimana mereka bisa menggerakkan semua sumber daya untuk mempengaruhi masyarakat di basisnya utk memilih mereka," imbuhnya. 

Namun kuncinya tetap pada visi dan misi serta program aksi dari pasangan calon, pergerakan tim, dan finansial. Sehebat apapun kandidat dan basisnya, kalau tidak Didukung oleh tim yg solid dan finansial yg cukup, peluang menang akan tipis.

"Tim yang solid dan finansial yang akan menjadi kunci untuk meraih kemenangan," tambahnya.

Baca Juga : No Political Without Cost

Sejauh ini, dari tiga kandidat Balon Cawawako hanya Hardizal yang sudah digandeng dan berani menaikan baliho yang mana dirinya sudah terang-terangan berpasangan dengan Drs. Ahmadi Zubir, MM.

"Hanya Hardizal yang sudah digandeng oleh kandidat Cawako Ahmadi Zubir, kalau ini yang terjadi pertarungan di Pilwako Sungai Penuh sangat menarik, sebab Ahmadi pernah maju di Pilwako Sungai Penuh 2010 lalu, bahkan menang di putaran pertama melawan AJB, hingga sekarang saya melihat tim beliau masih solid maka tinggal pergerakan dan didukung oleh finansial akan menentukan semuanya," tutupnya. (064)

No comments:

Post a Comment